Kompas TV regional update

Lapor Jokowi Banjir Solo Sudah Teratasi, Gibran Berencana Tambah Sumur Resapan

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 12:11 WIB
lapor-jokowi-banjir-solo-sudah-teratasi-gibran-berencana-tambah-sumur-resapan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat berbicara kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/1/2023). (Sumber: ANTARA/Aris Wasita)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa banjir yang melanda Solo sudah teratasi. Ia pun berencana  untuk menambah sumur resapan di beberapa titik.

"Sudah teratasi," ucap Ayah Jan Ethes Srinarendra ini saat bertemu Presiden Jokowi dalam pernikahan adik Ibu Negara Iriana, Anjas Aryo Wijanarko dengan Febrina Farraf Anova di Dyandra Convention Center Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (18/2/2023).

Dalam pertemuan itu Jokowi disebutkan memang sempat berkomentar kepada Gibran soal bencana banjir yang melanda Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (17/2/2023) kemarin.

"Iya, komen (komentar) soal banjir. Tapi sudah terselesaikan," ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/2/2023), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Banjir Jadi 'Kado' Ultah Solo: Gibran Minta Maaf hingga Status Tanggap Darurat Banjir

Suami Selvi Ananda ini pun menyampaikan Pemkot Solo berencana menambah sumur resapan di beberapa titik guna mengantisipasi banjir.

 "Ya nanti. Sudah diatasi sama BBWS (red. Balai Besar Wilayah Sungai)," kata Gibran.

Sebelumnya, banjir yang melanda Solo disebabkan akibat luapan dari anak Sungai Bengawan Solo dan Sungai Bengawan Solo. Imbasnya, sebanyak 16 kelurahan banjir.

Ribuan warga yang rumahnya tergenang banjir dievakuasi ke pengungsian atau tempat yang aman.


 

BBWS Bengawan Solo melakukan evaluasi pasca-banjir yang melanda wilayah Solo, Jawa Tengah, beberapa hari lalu. Dari hasil evaluasi, BBWS akan meningkatkan kapasitas pompa air untuk mengantisipasi banjir.

Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama menuturkan, bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Solo pada Jumat (17/2/2023) karena debit air yang tinggi dan durasi hujan yang deras.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x