Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Pabrik Air Minum Dalam Kemasan Betuah Banyuasin Telah Diujicoba

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 09:42 WIB
pabrik-air-minum-dalam-kemasan-betuah-banyuasin-telah-diujicoba
Produksi air minum dalam kemasan Betuah tahun ini, akan dilakukan di pabrik sendiri dan tidak lagi menumpang di salah satu perusahaan air kemasan yang ada di Banyuasin. (Sumber: Humas Pemkab Banyuasin)
Penulis : KompasTV Palembang

BANYUASIN, KOMPAS.TV - Produksi air minum dalam kemasan (AMDK) Betuah, ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2023. Produksi air minum dalam kemasan (AMDK) Betuah ini, akan dilakukan di pabrik sendiri dan tidak lagi menumpang di salah satu perusahaan air kemasan ternama yang ada di Banyuasin.

Uji coba mesin yang akan dipergunakan untuk menghasilkan produk air minum kemasan terbaik ini, telah dilakukan pada Jumat (17/02/2023).

"Sekarang sedang uji coba, " kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Perindustrian Perdagangan Banyuasin, Erwin Ibrahim. Sebelumnya pengadaan mesin tersebut telah selesai dilakukan dan hari ini digelar uji coba.

"Usai itu (uji coba) akan dikelola BUMD, kapasitas mesin kita sangat baik, untuk botol ukuran 600 ml dapat diproduksi sebanyak 4000 botol dalam 1 jam, botol 330 ml dapat diproduksi 6000 botol/jam, untuk ukuran gelas dapat diproduksi sebanyak 7000 gelas/jam dan 300 galon/jam," jelasnya.

"Dalam waktu dekat ditargetkan akan diperkenalkan langsung oleh Bupati Banyuasin H Askolani dan langsung beroperasi, Itu target kita, "ujarnya.

Namun sebelum dilakukan produksi massal, harus menyelesaikan dulu perizinan, BPOM dan lain sebagainya. " Itu akan difasilitasi oleh organisasi perangkat daerah terkait," ungkapnya.

Sehingga nanti air minum dalam kemasan ini, dapat dijual dipasaran sesuai dengan aturan yang berlaku."Jika sudah uji coba, proses perizinan tuntas, kita siap produksi," tegasnya.

Direktur BUMD Sei sembilang Heryadi menambahkan, “kita sangat berbangga hati dengan hasil uji coba hari ini, kapasitas pabrik kita sangat baik, kami yakin InsyaAllah dapat meningkatkan PAD dari sektor industri AMDK ini dan dapat dipasarkan untuk pasar regional dan nasional”.

Sementara itu, Bupati Banyuasin H Askolani mengatakan Air Kemasan Betuah merupakan produk asli dari Bumi Sedulang Setudung.

"Itu air asli dari Bumi Banyuasin, dari Air Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, " katanya. Tentunya pemerintah akan sangat mendukung, sehingga air minum kemasan ini dapat dikonsumsi masyarakat Banyuasin. Air yang higienis, sehat dan baik untuk masyarakat.

Sebelumnya air minum dalam kemasan Betuah menumpang (maklon) produksi dengan salah satu perusahaan air kemasan di Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, dan pertama kali diperkenalkan oleh Bupati Banyuasin dan Wakil Bupati Banyuasin pada pertengahan bulan November 2022 yang lalu.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x