Kompas TV regional peristiwa

Debit Air Bengawan Solo Meluap, Tanggul Kali Avour di Bojonegoro Jebol

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 22:47 WIB
debit-air-bengawan-solo-meluap-tanggul-kali-avour-di-bojonegoro-jebol
Luapan debit air sungai Bengawan Solo menyebabkan tanggul Kali Avour atau anak Sungai Bengawan Solo di Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur, jebol. (Sumber: Kompas.com/Hariyadi)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

BOJONEGORO, KOMPAS.TV – Luapan debit air sungai Bengawan Solo menyebabkan tanggul Kali Avour atau anak Sungai Bengawan Solo di Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, jebol.

Menurut Kepala Desa Pucangarum, Hariyadi, peristiwa jebolnya tanggul Kali Avour itu terjadi Sabtu (18/2/2023) pagi, sekira pukul 05.30 WiB.

"Iya tanggulnya jebol sepanjang lima meter tadi pagi, tanggulnya nggak kuat menahan air," kata Hariyadi, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (18/2). 

Akibat jebolnya tanggul, air Kali Avour yang seharusnya mengalir ke Bengawan Solo, tidak bisa menuju ke tempat yang semestinya.

Baca Juga: Dramatis, Evakuasi Warga Korban Banjir Akibat Meluapnya Bengawan Solo

"Air sungai yang seharusnya mengalir menuju ke Sungai Bengawan Solo, kini tidak bisa mengalir ke mana-mana akibat tanggulnya jebol," ungkapnya.

Rusaknya tanggul Kali Avour di desa tersebut bukan pertama kali tejadi. Pada 2022 lalu, tanggul di sungai ini sempat mengalami kerusakan, namun masih bisa diperbaiki oleh warga. Saat itu, mereka memperbaiki tanggul menggunakan anyaman bambu.

Namun, kini derasnya arus air luapan Sungai Bengawan Solo semakin tinggi, hingga akhirnya tanggul pun jebol.

Akibat dari jebolnya tanggul kali ini, area persawahan warga di beberapa desa di Kecamatan Baureno tergenang banjir.

Air luapan dari Sungai Bengawan Solo dipastikan mengalir ke arah tanggul yang jebol dan akan merendam hektaran tanaman padi milik warga.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x