Kompas TV regional berita daerah

Dramatis, Evakuasi Warga Korban Banjir Akibat Meluapnya Bengawan Solo

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 17:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Proses evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir akibat meluapnya Sungai Bengawan Solo di Dusun Nusupan, Desa Kadokan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari Jumat (17/2/2023) dini hari, terlihat dramatis. Warga bahkan dievakuasi melalui atap rumah karena air yang merendam sudah setinggi 2,5 meter. Sebanyak 70 warga dievakuasi menggunakan perahu ke tempat yang lebih tinggi.

Kepala Dusun Nusupan, Hari, menjelaskan air sudah masuk permukiman sejak hari Rabu (15/2/2023) pagi. Sempat surut pada hari Kamis (16/2/2023) siang, namun sore harinya air kembali naik karena intensitas hujan yang tinggi di wilayah Soloraya. Sementara Sungai Bengawan Solo dan sejumlah anak Sungai Bengawan Solo tidak dapat menampung debit air.

“Sudah semua, 1 RW sudah selutut tingginya, sementara untuk yang masuk di rumah ada yang satu mata kaki, selutut, bahkan tenggelam salah satunya ada di RT 4,”kata Hari.

Salah satu warga, Bentin mengatakan ia bersama warga lainnya sudah dievakuasi dan mengungsi di Masjid An-Nikmah Nusupan yang lokasinya lebih tinggi. Warga berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk membuat tanggul sehingga dapat menahan banjir saat Sungai Bengawan Solo dan anak sungainya meluap.

“Mengungsi sudah dari jam 7. Kalau air naik itu dari jam 6 dan sempat turun di pagi hari, kemudian naik lagi dan akhirnya mengungsi. Ini sudah mengungsi 2 hari,”ujar Bentin.

Dengan kondisi seperti ini, warga berharap cuaca kembali membaik dan tidak kembali hujan agar air berangsur surut dan mereka bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

#sungaibengawansolo #sukoharjo #banjir



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x