Kompas TV regional berita daerah

Kampanye Bersepeda "Jelajah Bersih Negeri 2023"

Kompas.tv - 12 Februari 2023, 09:26 WIB
Penulis : KompasTV Dewata


DENPASAR, KOMPAS TV - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2023, yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan menggelar berbagai kegiatan.  Salah satunya adalah kegiatan kampanye bersepeda Jelajah Bersih Negeri.  Tim bersepeda ini akan melakukan perjalanan mengambil start dari Bali hingga finish di Jakarta, mulai 8 Februari hingga finish tanggal 19 Februari 2023. 6 Orang pesepeda dibagi dua tim akan bersepeda menggunakan dua jalur yakni jalur utara dan jalur selatan.

Tim kampanye bersepeda ini akan mengunjungi lokasi-lokasi terpilih di sepanjang jalur yang dilintasi, untuk memotret berbagai inisiatif pengelolaan sampah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah, swasta, serta kelompok swadaya masyarakat.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong menargetkan KLHK  bisa mengurangi sampah hingga 30 persen dan 70 persen menangani atau mengelola sampah di tahun 2025.  Ia juga berharap kedepannya setelah sampah sampah bisa dikelola dengan baik tidak lagi ada TPS atau zero TPS.


Keberhasilan upaya pengelolaan sampah diperlukan kolaborasi program dari pemerintah pusat, daerah, dunia usaha dan masyarakat. Untuk itu peran masyarakat yang ada di hulu sangat penting untuk dijadikan fokus pengelolaan sampah pada rumah tangga.

 

 

 

 

 

 

#jelajahbersihnegeri2023  #klhkRI    #haripedulisampahnasional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x