Kompas TV regional berita daerah

Penjualan Dulang & Keben Meningkat 300% Jelang Kuningan

Kompas.tv - 13 Januari 2023, 11:51 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Sejak jelang Hari Raya Galungan permintaan dulang dan keben sebagai perlengkapan upacara selalu meningkat. Terpantau pada salah satu toko perlengkapan upacara di Desa Penarungan, Mengwi, Badung, yang selalu ramai pengunjung terlebih mendekati Hari Raya Kuningan.

Wayan Rianta pemilik toko menuturkan, jika dibandingkan hari biasa penjualan aneka sarana upakara jelang hari raya meningkat hingga 300 persen. Jika biasanya dalam sehari ia mampu menjual 6-10 dulang dan keben, menjelang hari raya bahkan mencapai 30 set dulang dan keben. Selain dulang dan keben, kepe yang biasa digunakan sebagai tempat banten saat hari raya  juga laris manis, bahkan pemilik toko mengaku sempat kewalahan melayani pesanan.

Di toko ini dijual berbagai perlengkapan upacara, mulai dari dulang, keben, kepe, tempat bunga, tas aban-aban, sangku, hingga aneka tas jaly. Harganya juga bervariatif tergantung ukuran, motif dan jenis bahan yang digunakan. Untuk dulang misalnya dijual mulai Rp 150.000 - 520.000, sementara keben dengan ukur dijual mulai Rp. 30.000 hingga Rp. 220.000. Selain harga yang terjangkau, jika pengunjung membeli produk dengan jumlah banyak  juga diberikan  harga spesial.

 

 

 

 

 

#kerajinan   #keben  #harirayakuningan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x