Kompas TV regional peristiwa

Malam Tahun Baru, Banjir Terjang Sejumlah Daerah di Pantura Jawa Tengah

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 09:06 WIB
malam-tahun-baru-banjir-terjang-sejumlah-daerah-di-pantura-jawa-tengah
Sejumlah daerah di kawasan pantai utara (pantura) Jawa Tengah dilanda banjir pada malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022). (Sumber: BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Sejumlah daerah di kawasan pantai utara (pantura) Jawa Tengah dilanda banjir pada malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022).

Sejumlah daerah tersebut di antaranya Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, Kabupaten Pati, hingga Kabupaten Grobogan.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, menyebut data itu berdasarkan laporan tertulis Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Bergas C Penanggungan.

Menurutnya, banjir tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut pada Jumat (30/12/2022) dan Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga: Ada 30 Titik Banjir di Semarang, Sebagian Mulai Surut Masuk Hari Pertama Tahun 2023

Berikut sejumlah titik yang terendam banjir, berdasarkan data dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Banjir di Kabupaten Tegal terjadi di Dukuh Kasemen RW 08 dan RW 09 Desa Sukareja.

Dalam keterangan tertulis Minggu (1/1/2023), Abdul Muhari menjelaskan, “Rumah yang terdampak banjir ada sebanyak 50 unit yang ditinggali oleh 300 jiwa. Tinggi Muka Air (TMA) banjir tersebut antara 50-75 sentimeter”. 

Selanjutnya, di Kabupaten Pekalongan, banjir merendam enam desa di Kecamatan Tirto, enam  desa di Kecamatan Siwalan, dua desa di Kecamatan Buaran dan dua  desa di Kecamatan Wonokerto.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x