Kompas TV regional berita daerah

Uji Coba Pengoperasian Kereta Api Sulsel

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 18:20 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BARRU, KOMPAS.TV - Pemerintah daerah sulawesi selatan bersama pihak terkait melakukan uji coba pengoperasian terbatas kereta api makassar pare-pare.

Pengoperasian yang berlangsung secara bertahap ini telah di buka untuk masyarakat umum. Yang bisa dilalui pada segmen garongkong kabupaten barru menuju station mangilu kabupaten pangkep dengan jarak tempuh sejauh 66 kilo meter.

Gubernur sulawesi selatan andi sudirman sulaiman bersama plt dirjen perkeretaapian kemenhub dan pihak terkait lainnya melakukan uji coba pengoperasian terbatas kereta api makassar - parepare.

Uji coba ini dilangsungkan pada pemberangkatan dari stasiun garongkong kabupaten barru menuju stasiun mangilu di kabupaten pangkep.

Pada pengoperasian terbatas kereta api perintis andalan celebes segmen garongkong - mangilu ini. Menempuh jarak sejauh 66 km yang melintasi 7 stasiun dengan kecepatan 40 kmjam.

Pengoperasian kereta api secara bertahap ini juga telah di buka untuk umum yang bisa dinikmati secara gratis sampai pada akhir tahun mendatang.

“uji coba pengoperasian secara terbatas kereta api dan gratis untuk warga sampai akhir tahun. jadi kita berharap semua warga bisa manfaatkan fasilitas ini. ini operasional terbatas Garongkong sampai mangilu. ini sudah beroperasi bertahap kita optimis ini bisa di fungsikan masyarakat. ini wisata banyak di lewati sepanjang jalan Maros Barru dan Pangkep kita akan siapkan fasilitas yang bisa menjadi daya tarik sendiri selain kereta penumpang juga tujuan wisata”ungkap Andi Sudirman Sulaiman (Gubernur Sulawesi Selatan).

Rencananya pengoperasian kereta api makassar pare-pare pada segmen garongkong-mangilu ini sendiri di jadwalkan akan beroperasi setiap harinya mulai pada siang hari hingga sore harinya.

“sementara sampai Desember kita gratiskan. jadwal keberangkatan setiap hari sudah ada besok mulai jam setengah 12 dari garongkong kemudian sorenya jam setengah 4 dari mangilu itu setiap hari begitu. dalam sehari 1 kali PP” ungkap Amanna Gappa, Kepala Balai Kereta Api Sulsel


#keretaapisulsel
#dishuib
#gubernursulsel



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x