Kompas TV regional berita daerah

Hut Ke-10 Kaltara Semakin Maju dan Siap Menopang IKN Di Kaltim

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 16:11 WIB

KALTARA, KOMPAS.TV - Kalimantan Utara adalah provinsi ke 34 tepat Selasa 25 Oktober 2022, genap berusia 10 tahun sejak berpisah dengan Kalimantan Timur, Kaltara merupakan provinsi sangat strategis di Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia dan Brunei Darusalam, serta berbatasan laut dengan Filipin, selain itu Kaltara pun menjadi salah satu pusat startegis pembangunan nasional dan akan menopang ibu kota nusantara di Kalimantan Timur.

Dimulainya pembangunan di kipi dengan target seluas 30.000 hektar tersebut digadang-gadang merupakan kawasan industri terbesar di dunia dengan mengalahkan Eropa dan Amerika.

Komitmen investasi di kawasan industrial park Indonesia tanah kuning, Provinsi Kalimantan Utara sudah mencapai 130 miliar dollar AS atau setara Rp 1.800 Triliun, di lokasi ini presiden juga akan menandatangani investment frame work agreement dengan 7 perusahaan asing.

Proyek ini juga ditargetkan selesai konstruksi pada 2024 dan operasi bertahap mulai 2023/ 2024 hingga 2029. Adapun, investasi senilai US$132 miliar itu diperlukan untuk seluruh tahapan konstruksi dan komersialisasi sampai delapan tahun ke depan.

Kipi pun menggunakan energi terbarukan sebagai sumber energi, yakni hydropower dan solar panel. Selain itu, 2,9 Trillion cubic feet (tcf) gas juga digunakan sebagai sumber energi pada kawasan tersebut.

Pada HUT Ke-10 ini perayaan dilakukan dengan upacara sederhana di lapangan agatis Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan berlangsung hikmat. Upacara dipimpin langsung menteri dalam negeri H. Muhammad Tito Karnavian dalam keterangan nya bahwa pembangunan di Kaltara sudah sangat pesat sekali.

Sementara itu gubernur Kalimantan Utara juga mengatakan kita harus terus bekerja dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya untuk pembagunan Kalimantan Utara.

Pada HUT Ke-10 pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga membagikan bantuan enam unit mobil ke tokoh agama yang ada di Kaltara seperti MUI, NU, Muhammadiyah, lDII dan non muslim.

Selain itu mendagri secara langsung membagikan sertifikat tanah ke sejumlah warga perbatasan.

#HUTKaltara#PenyanggaIKN#PusatStrategis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x