Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif, Polisi Asal Pemalang Sukses Beternak Kambing

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 10:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Sekilas, Bripka Lutfil Hakim sama seperti anggota Polres Pemalang lainnya. Sehari-hari ia bertugas di bagian Propam Polres Pemalang.

Namun, saat sudah pulang dari bekerja sebagai anggota polisi, Bripka Lutfil langsung berubah menjadi peternak kambing yang berada di Desa Sokawangi, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Sepulang bekerja ia pun langsung memberi makan kambing-kambingnya yang berjumlah 300 ekor lebih.

Kambing-kambing ini tidak hanya khusus untuk aqiqah dan kurban, namun ada pula yang dimanfaatkan untuk diambil susunya. Motivasi Bripka Lutfil menjadi peternak adalah untuk menambah pendapatan selain menjadi anggota Polri. Bripka Lutfil Hakim sudah lima tahun menekuni sebagai peternak kambing.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, omzet penjualan kambingnya pun meningkat hingga 20 persen. Para pembeli kebanyakan langsung datang ke kandang kambing, sambil memantau kesehatan hewan di tengah merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK.

"Umyuk ternak kambing sendiri kurang lebih lima tahun, dimulai dari kecil. Alhamdulillah saat ini kapasitas sekitar 300 ekor. Untuk yang 100 diambil susunya, sisanya untuk jual beli," ujar Bripka Lutfil.

Dedi Falus, pembeli kambing mengaku, ia memilih membeli kambing milik Bripka Lutfil karena harganya lebih murah dibanding dengan peternak lainnya. Rata-rata kambing kurban dijual diangka Rp 3 juta hingga Rp 6 juta perekor.

Bripka Lutfil mengaku, tidak malu dengan tetangga maupun teman-temannya meskipun ia menjadi peternak kambing. Ia berharap, bisa menginspirasi anggota Polri lainnya untuk memiliki tambahan penghasilan usai pulang berdinas.

#polri #beternak #polrespemalang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x