Kompas TV regional agama

Jelang Keberangkatan, Jemaah Calon Haji Asal Klaten Dibekali Sambal Pecel hingga Serundeng

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 12:07 WIB
jelang-keberangkatan-jemaah-calon-haji-asal-klaten-dibekali-sambal-pecel-hingga-serundeng
Jemaah haji asal Klaten yang akan diberangkatkan dalam kloter 13 dan 14 (Sumber: Humas Pemkab Klaten)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

KLATEN, KOMPAS.TV — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten memberikan bekal panganan lokal untuk calon haji (calhaj) asal Klaten yang segera diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.

Adapun bekal yang diberikan berupa lauk pauk seperti abon, kering kentang, serundeng, dan sambal pecel, sehingga tidak akan memberatkan bawaan calhaj asal Klaten.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Klaten Mujab mengatakan bekal tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk calhaj dan diharapkan bisa menjadi bekal lauk pauk tambahan saat berada di Tanah Suci.

“Bekal ini sudah disiapkan dan ini sebagai wujud kepedulian Pemkab terhadap calon jamaah haji Klaten. Sebagai bekal tambahan (lauk pauk) saja, jika tidak cocok atau kurang lauk bisa menjadi tambahan,” kata Mujab dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (7/6/2022).

Tak hanya itu, Mujab juga menyampaikan bahwa bekal tersebut diberikan kepada calhaj agar selama di Tanah Suci, seluruhnya merasa nyaman dan bisa fokus beribadah.

Baca Juga: Calon Haji Kloter 5 Embarkasi Donohudan Berangkat ke Tanah Suci

Ia juga menyebut, bekal yang disiapkan menggunakan dana APBD kabupaten dan diberikan secara gratis untuk seluruh calhaj asal Klaten.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan bekal bagi jemaah calon haji telah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Bahkan, kegiatan tersebut sudah menjadi ciri khas Pemkab Klaten setiap kali menjelang keberangkatan jemaah calon haji.

Pemberian bekal ini menjadi tanda cinta kepada para jemaah agar tidak merasa jauh dari tanah kelahiran.

“Kita sudah mempunyai ciri khas yaitu, sebagai tondo tresno (tanda cinta) dengan sambal pecel, kering tempe dan yang lainnya,” kata Bupati.

Sebagai informasi, di tahun ini Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) Klaten akan memberangkatkan 493 calon haji. Pemberangkatan calhaj Klaten dilakukan dua gelombang dalam kloter 13 dan 14.

Menurut jadwal dari panitia Embarkasi Solo, jemaah calon haji asal Klaten akan masuk Asrama Haji Donohudan pada 11-13 Juni 2022.

Adapun kloter 13 embarkasi Solo dijadwalkan masuk asrama pada Sabtu, 11 Juni 2022 pukul 09.00, kemudian diberangkatkan ke Madinah pada Minggu, 12 Juni 2022 pukul 09.55 dengan nomor penerbangan GIA 6113.

Diperkirakan, kloter 13 akan tiba di Madinah pada pukul 18.50 Waktu Arab Saudi (WAS) di hari yang sama dengan penerbangan.

Sedangkan kloter 14 embarkasi Solo, dijadwalkan masuk asrama pada Minggu, 12 Juni 2022 pukul 08.00, kemudian diberangkatkan ke Madinah pada Senin, 13 Juni 2022 pukul 05.35 dengan nomor penerbangan GIA 6114.

Diperkirakan, kloter 14 akan tiba di Madinah pada pukul 14.30 Waktu Arab Saudi (WAS) di hari yang sama dengan penerbangan.

Baca Juga: Masuk Raudhah Sesuai Jadwal, Jemaah Haji Indonesia Bisa Cek di Sini untuk Waktunya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x