Kompas TV regional peristiwa

Sampaikan Selamat Hari Lahir Pancasila, Ganjar Pranowo Ingatkan Kembali Soal Spirit Gotong Royong

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 12:23 WIB
sampaikan-selamat-hari-lahir-pancasila-ganjar-pranowo-ingatkan-kembali-soal-spirit-gotong-royong
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: Dok. Pemprov Jateng)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,  menyampaikan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dengan mengingatkan kembali tentang spirit gotong royong.

Disampaikan melalui akun media sosial pribadinya, Ganjar menginginkan bahwa spirit gotong royong yang ada dalam Pancasila bisa betul-betul membuat siapapun tetap membumi.

"Dengan spirit gotong royong yang ada dalam Pancasila, betul-betul akan membuat kita tetap membumi. Pikiran dan hati akan seirama dalam setiap perilaku," kata Ganjar dalam akun Twitter @ganjarpranowo, Rabu (1/6/2022).

Selain itu, Ganjar juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap membuka mata dan hati atas nikmat yang luar biasa pada hari kelahiran Pancasila ini.

"Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari tetap buka mata dan hati atas nikmat yang luar biasa ini," ujarnya.

Untuk diketahui, pada Hari Lahir Pancasila ini Ganjar terlihat mengikuti upacara secara virtual dengan mengenakan beskap bercorak merah hitam, lengkap dengan jarik serta blangkon.

Baca Juga: Pakai Setelan Adat Melayu, Wapres Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

Dalam upacara pada Rabu pagi, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Kemudian bertindak selaku Komandan Upacara, Komandan Brigade Infanteri 21 Komodo Kodam IX/Udayana Kol. Inf. Tunjung Setyabudi.

Sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila, Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus sebagai Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pembaca Doa.

Pada upacara kali ini, dalam amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak segenap bangsa Indonesia di manapun berada untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian," kata presiden dalam amanatnya.

"Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Baju Adat Ende yang Dipakai Jokowi di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x