Kompas TV olahraga sepak bola

Usai Ditaklukkan Uzbekistan, Mental Timnas U23 Indonesia Sudah Bangkit Lagi

Kompas.tv - 30 April 2024, 19:45 WIB
usai-ditaklukkan-uzbekistan-mental-timnas-u23-indonesia-sudah-bangkit-lagi
Mental Timnas U23 Indonesia sudah kembali bangkit meski baru saja ditaklukkan Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U23 2024. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mental Timnas U23 Indonesia sudah kembali bangkit meski baru saja ditaklukkan Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U23 2024 pada Senin (29/4/2024).

Menurut Manajer Timnas Indonesia Sumardji, kondisi psikologis para pemain sudah membaik meski sempat menurun usai kalah dari Uzbekistan.

"Ya kalau kondisi memang kemarin selesai pertandingan, ketika di ruang ganti anak-anak cukup drop," kata Sumardji dalam program Kompas Petang, Selasa (30/4/2024).

"Tetapi setelah diberikan motivasi, Ketua Umum memberikan motivasi, kita semua juga memberikan motivasi, kembali ke hotel juga sudah kita berikan motivasi sampai dengan tadi pagi, masing-masing para pemain hari ini menunjukkan grafik yang cukup baik kembali kepada performa terutama dengan kondisi psikologis," jelasnya.

Selain kondisi mental yang membaik, kebugaran pemain juga sudah berangsur pulih setelah kemarin menjalani laga keras melawan Uzbekistan.

Sumardji pun mengapresiasi gerak cepat tim dan staf Timnas U23 Indonesia yang langsung memberikan penanganan terbaik kepada para pemain.

"Tapi yang patut membanggakan kita semua adalah kondisi pemain sampai siang ini tadi cukup bagus dan yang cukup menggembirakan gerak cepatnya tim yang ada di kita, khususnya terapi, dokter dan semuanya. Itu sangat cepat menangani kondisi fisik para pemain yang ada," lanjut Sumardji.

Baca Juga: Fakta Menarik Wasit Shen Yinhao, 2 Kali Rugikan Ferarri di AFC U23 dan Sea Games

"Kita tahu, kemarin itu kan benar-benar sangat keras ya pertandingan sehingga membutuhkan kerja keras dari semuanya untuk kembali membangkitkan semangat, mental dan psikologis pemain terlebih lagi adalah kaitannya dengan kebugaran. Karena kan situasinya mepet-mepet seperti ini, (yang penting) nomor satu adalah mental, yang kedua kebugaran," jelasnya.

Timnas U23 Indonesia harus mengubur mimpi menjadi juara pada ajang Piala Asia U23 2024.

Menghadapi Uzbekistan di laga semifinal, tim asuhan Shin Tae-yong menyerah dengan skor 0-2. Dua gol Uzbekistan tercipta lewat gol dari Khuisain Norchaev dan gol bunuh diri Pratama Arhan.

Indonesia juga mendapatkan nasib sial lain saat Rizky Ridho mendapatkan kartu merah dari wasit yang membuat sang kapten absen di laga selanjutnya.

Meski kalah di semifinal, Indonesia masih punya peluang untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris melalui perebutan juara ketiga Piala Asia U23 2024.

Pada partai tersebut, Timnas U23 Indonesia bakal menghadapi Irak yang kandas di semifinal setelah dikalahkan oleh Jepang juga dengan skor 2-0.

Pertandingan perebutan juara ketiga Piala Asia U23 2024 antara Timnas U23 Indonesia vs Irak bakal digelar pada Kamis (2/5/2024) malam. 

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 Tampak Kesulitan Lawan Uzbekistan, Shin Tae-yong: Para Pemain Sedikit Gugup


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x