Kompas TV regional peristiwa

Status Gunung Awu di Kepulauan Sangihe Naik Siaga, Warga Dilarang Beraktivitas 3,5 KM dari Kawah

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 21:39 WIB
status-gunung-awu-di-kepulauan-sangihe-naik-siaga-warga-dilarang-beraktivitas-3-5-km-dari-kawah
Hembusan asap kawah setinggi 30 m dari puncak Gunung Awu, Rabu (11/5/2022) pada pukul 15:00 WITA. (Sumber: Pos PGA Awu/PVMBG)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

KEPULAUAN SANGIHE, KOMPAS.TV - Aktivitas Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara mengalami peningkatan dengan ditandai kenaikan status dari level 2 atau Waspada menjadi level 3 atau Siaga.

Peningkatan membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe mengeluarkan peringatan kepada masyarkat untuk tidak beraktivitas terlalu dekat dengan puncak Gunung Awu.

Kepala BPBD Kepulauan Sangihe, Wandu Labesi meminta warga waspada sehubungan dengan perubahan status Gunung Awu menjadi Siaga.

Baca Juga: Gunung Awu Sulawesi Utara Dalam Level Waspada, Masyarakat Diminta Untuk Tetap Tenang

Dalam tingkat aktivitas Siaga ini masyarakat, pengunjung atau wisatawan diminta tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 3,5 km dari kawah puncak Gunung Awu. 

Termasuk juga memberikan peringatan untuk waspada bagi masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Awu apabila terjadi peningkatan aktivitas.

"Kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Awu, langkah yang harus dilakukan ketika ada peningkatan aktivitas Gunung Awu," ujar Wandu, Kamis (12/5/2022), dikutip dari Antara.

BPBD Kepulauan Sangihe juga mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Awu diharap tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Baca Juga: Gempa Terbaru M 6,0 Guncang Kepulauan Sangihe Sulut

Seluruh arahan terkait aktivitas Gunung Awu akan terus diinformasikan oleh BPBD Kepulauan Sangihe.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x