Kompas TV regional berita daerah

Antisipasi Arus Mudik dan Balik, Bandara Juanda Surabaya Tambah Jam Operasional

Kompas.tv - 26 April 2022, 02:05 WIB
antisipasi-arus-mudik-dan-balik-bandara-juanda-surabaya-tambah-jam-operasional
Arsip - Para calon penumpang sedang mengantre di pelayanan check in di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur. (Sumber: ANTARA/HO Angkasa Pura I Juanda)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Fadhilah

SIDOARJO, KOMPAS.TV - Bandara Internasional Juanda Surabaya menambah jam operasional untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan untuk menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Salah satunya dengan menambah jam operasional bandara.

"Penyesuaian jam operasional bandara menjadi pukul 05.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB dari sebelumnya pukul 05.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB," kata Sisyani, Senin (25/4/2022), seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan menambah Notice of Airport Capacity (NAC) yakni kemampuan atau kapasitas bandara melayani penerbangan per jamnya.

Baca Juga: Kuota Mudik Motor Gratis Pakai Kereta Api Masih Banyak, Jangan Kehabisan

Sebelumnya, kapasitas Bandara Juanda untuk melayani penerbangan sebesar 26 pergerakan pesawat per jam. Setelah ditambah, akan menjadi 30 pergerakan pesawat per jam.

"Selain itu dari aspek keamanan, pihak bandara memberlakukan pemeriksaan keamanan secara terpusat atau Centralized Screening Check Point yang bertujuan agar pengawasan pemeriksaan keamanan dapat lebih optimal," ujarnya.

Bandara Internasional Juanda Surabaya juga mengoperasikan posko mudik hari raya Idulfitri tahun 2022 sejak 25 April hingga 10 Mei 2022.

Posko tersebut berfungsi sebagai pusat informasi dan data sekaligus area pelayanan penumpang.

"Sesuai Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor 01 Tahun 2022 Posko akan berlangsung selama 16 hari sejak 25 April hingga 10 Mei 2022," katanya.

Baca Juga: Harga Tiket Bus Hingga Pesawat Meroket, Mudik Gratis dan Mudik Pakai Motor Jadi Pilihan

Sisyani menjelaskan, secara umum pada awal Ramadan, lalu lintas penumpang cenderung turun dan terlihat mulai meningkat memasuki pekan ketiga.

Ia memperkirakan, lalu lintas penumpang akan terus tumbuh hingga mendekati Hari H libur Lebaran.

"Pada pekan pertama hingga kedua rata-rata penumpang harian adalah sejumlah 21 ribu lalu pada pekan ketiga rata-rata 23 ribu, dan saat ini di pekan keempat yang sudah berjalan empat hari, rata-rata penumpang harian adalah sejumlah 27 ribu," katanya.

Baca Juga: Hari Ini 12.600 Pemudik Tinggalkan Jakarta Via Stasiun Pasar Senen

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x