Kompas TV nasional peristiwa

Kuota Mudik Motor Gratis Pakai Kereta Api Masih Banyak, Jangan Kehabisan

Kompas.tv - 25 April 2022, 21:18 WIB
kuota-mudik-motor-gratis-pakai-kereta-api-masih-banyak-jangan-kehabisan
Sejumlah pemudik yang mengendarai sepeda motor mulai memadati jalur Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit yang jadi akses menuju Jalur Pantura, Sabtu (23/4/2022). (Sumber: Tribun Jakarta/Bima Putra)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) membuka pendaftaran mudik motor gratis (Motis) pada Lebaran 2022 kali ini.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri, menyampaikan program tahunan ini bertujuan menekan risiko kecelakaan lalu lintas para pemudik yang menggunakan motor.

"Terhitung dari tanggal 24 April 2022, masih ada sekitar 7.013 kuota Motis yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik," ujar Zulfikri dikutip dari Gridoto.com, Senin (25/04/2022).

Baca Juga: Beredar Bus "Zombie" Jelang Mudik Lebaran, Penumpang Jangan Asal Naik!

Sedang untuk rincian kuota yang masih tersedia keberangkatan awal dari Stasiun Jakarta Gudang sebesar 750 kuota untuk 26 April, 604 kuota tanggal 27 April, 754 kuota tanggal 28 April, 569 kuota tanggal 29 April, dan 646 kuota tanggal 30 April 2022.

Sementara untuk arus balik dengan tujuan akhir Stasiun Jakarta Gudang, masih tersedia sebanyak 861 kuota untuk tanggal 5 Mei, 810 kuota untuk tanggal 6 Mei, 775 kuota untuk tanggal 7 Mei, 744 kuota untuk tanggal 8 Mei, dan 745 kuota untuk tanggal 9 Mei 2022.

Zulfikri mengajak masyarakat agar segera mendaftarkan diri untuk melaksanakan mudik lebih cepat dengan memanfaatkan angkutan Motis ini.

"Terlebih terdapat 13.800 tempat duduk yang sudah disediakan khusus untuk peserta angkutan Motis dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah kehabisan tiket reguler," sambungnya.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Bandara El Tari Diprediksi 29 April

Adapun kuota kursi yang tersedia bagi peserta Motis mencakup kereta api relasi Pasar Senen - Semarang Tawang (PP), dan Pasar Senen - Purwosari (PP).

Dengan memanfaatkan kuota kursi khusus ini, calon peserta Motis dapat memiliki alternatif tambahan selain tiket travel, bus, maupun tiket kereta api reguler yang sudah habis.

Diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dalam memanfaatkan program Motis dan beralih dari kendaraan roda dua.

Adapun untuk mendapatkan kuota kursi khusus peserta Motis, calon penumpang wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Baca Juga: Mau Berangkat Mudik? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini Akan Aman dan Tenang Meninggalkan Rumah!

  1. Hanya berlaku bagi peserta Motis.
  2. 1 motor berlaku untuk maksimal 3 tiket.
  3. Tiket penumpang berlaku sesuai relasi dan tanggal yang sama sesuai dengan perjalanan motis.
  4. Periode keberangkatan 26-30 April dan 5-9 Mei.
  5. Pembelian langsung di seluruh stasiun yang melayani Motis (Stasiun Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari).
  6. Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal.

Sekadar informasi, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Balitbang Kemenhub diprediksi sebanyak 85,5 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik pada 2022.

Dalam mengantisipasi hal ini, DJKA telah menunjuk KAI Group menyediakan 9.280 kuota Motis yang sudah dibuka pendaftarannya sejak 20 April 2022 kemarin.

Baca Juga: Lima Pos Pengamanan dan Rest Area Didirikan Jelang Mudik 2022

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.