Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Harga Tiket Bus Hingga Pesawat Meroket, Mudik Gratis dan Mudik Pakai Motor Jadi Pilihan

Kompas.tv - 25 April 2022, 14:10 WIB
harga-tiket-bus-hingga-pesawat-meroket-mudik-gratis-dan-mudik-pakai-motor-jadi-pilihan
Arsip - Sejumlah calon pemudik pengguna bus berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa, 18 Mei 2021. (Sumber: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/aa)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memasuki pekan terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri, masyarakat sudah banyak yang mudik ke kampung halaman. Sebagian lainnya masih berada di kota tempat mereka mencari nafkah. Namun, warga mengeluhkan naiknya harga transportasi mudik yang signifikan.

Seperti Ellyzar Zachra, seorang karyawan swasta di Jakarta yang memilih mudik ke kampung halamannya di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, tepat pada saat hari lebaran 2 Mei 2022.

Acha, begitu sapaan akrabnya, akan mudik menggunakan pesawat. Ia sudah mengantongi 2 tiket Garuda Indonesia kelas bisnis Jakarta-Pangkal Pinang, dengan harga Rp1,2 juta per tiket untuk sekali jalan. Ia pun mengeluhkan harga tiket pesawat yang jauh lebih mahal dari biasanya.

"Hari biasa Rp700 ribuan juga masih dapet. Kesel yah naiknya," katanya kepada Kompas TV, Senin (25/4/2022).

Ia mengaku baru memesan tiket setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan periode libur lebaran dan cuti bersama. Lantaran ingin memastikan tanggal cuti bersama, sehingga tak perlu mengambil cuti tambahan.

Baca Juga: Ingat! Selama Arus Mudik, Masuk Gerbang Tol Palimanan Transaksi Dilakukan di Pintu Keluar

"Lumayan kan seminggu. Tapi orang-orang mungkin udah pesen dari jauh-jauh hari kali ya," ujar Acha.

Walaupun kesal dengan tiket pesawat yang naik, ia menyebutnya masih wajar karena dalam momen lebaran. Menurutnya, harga mahal jika tiket mudah didapat tidak masalah.

"Malah problemnya tuh sekarang menurut saya bukan harga , tapi susah nyarinya," ucapnya.

"Contoh nih untuk hari sabtu, 30 April, itu udah enggak ada direct flight Jakarta-Pangkal Pinang. Jumat dan Minggu juga sisa sedikit, itu pun Lion dengan harga mirip Garuda. Yaudah mending Garuda kan," tambahnya.

Lain lagi cerita Sulas, warga Bekasi, Jawa Barat, yang rela mengantre di bawah terik sinar matahari di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (23/4/2022) lalu untuk bisa mudik gratis. Ia datang pada pukul 09.00 WIB untuk mendaftar program mudik gratis yang digelar Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Gratis, Tol Jakarta-Cikampek II Difungsikan Untuk Arus Mudik dan Lebaran 2022

"Dari jam 09.00 WIB, sampai disini dapat antrian nomor 1.162. Aku tinggal di Bekasi," tutur Sulas seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Ia memilih mudik gratis ke Solo karena harga tiketnya sangat mahal. Yaitu Rp550.000 per orang untuk tiket bus Bekasi-Solo.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x