Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Gratis, Tol Jakarta-Cikampek II Difungsikan Untuk Arus Mudik dan Lebaran 2022

Kompas.tv - 25 April 2022, 10:28 WIB
gratis-tol-jakarta-cikampek-ii-difungsikan-untuk-arus-mudik-dan-lebaran-2022
Tol Jakarta-Cikampek II akan difungsikan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan difungsikan untuk arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra menyampaikan, ruas tol yang akan dioperasikan adalah Jalan Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Tepatnya, dari Simpang Susun (SS) Sadang sampai SS Juta negara sepanjang 8,5 km.

Untuk arus mudik, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan menjadi alternatif pengguna jalan dari arah Bandung menuju Jakarta. Khususnya saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas one way arus mudik oleh pihak Kepolisian.

Pada saat pemberlakuan one way saat arus mudik, lanjut Charles, jalur fungsional ini sesuai diskresi Kepolisian nantinya bisa diakses oleh pengguna jalan yang menuju arah Jakarta.

"Ketika one way diberlakukan pada arus mudik, maka jalur fungsional ini sesuai diskresi Kepolisian nantinya bisa diakses oleh pengguna jalan yang menuju arah Jakarta, melanjutkan perjalanan melalui jalan non tol," kata Charles dalam keterangan resminya, dikutip Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Menhub: Mekanisme Tol Gratis Akan Diatur Kakorlantas Polri sebagai Ketua Kelas

Sedangkan untuk arus balik, jalur fungsional ini nantinya akan membantu mengurangi kepadatan di Simpang Susun (SS) Dawuan km 67.

Lokasi tersebut merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung dan sekitarnya yang melewati Jalan Tol Cipularang serta lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Untuk mengakses jalur fungsional di Tol Japek II, pengguna bisa masuk lewat SS Sadang yang terletak di Km 76 Jalan Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dengan mengikuti perambuan dan arahan petugas di sekitar lokasi.

"Nantinya pengguna jalan dapat mengakses main road sepanjang 8,5 km yang akan terhubung dengan jalan non tol di daerah Karawang," ujar Charles.

Jalan non tol itu adalah jalan biasa sepanjang 15 - 20 kilometer untuk masuk kembali ke jalan tol Jakarta - Cikampek melalui GT Karawang Timur di Km 54 pada periode arus balik, dan GT Karawang Barat di Km 47 pada periode arus mudik.

Baca Juga: Ini Kata Jasa Marga soal Video Kemacetan Panjang di Tol yang Viral




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x