Kompas TV regional peristiwa

Hari Ini 12.600 Pemudik Tinggalkan Jakarta Via Stasiun Pasar Senen

Kompas.tv - 24 April 2022, 22:07 WIB
hari-ini-12-600-pemudik-tinggalkan-jakarta-via-stasiun-pasar-senen
PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang berangkat mudik dari Stasiun Pasar Senen pada Minggu (24/4/2022).  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang berangkat mudik dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (24/4/2022). 

Berdasarkan data dari PT KAI Daop 1 Jakarta, sebanyak 12.600 penumpang akan meninggalkan Ibu Kota melalui Stasiun Pasar Senen.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan, pada hari ini untuk keberangkatan dari Pasar Senen terdapat 26 kereta api (KA) yang beroperasi.

"Terdapat 26 KA yang beroperasi dengan volume penumpang berangkat sebanyak 12.600 atau 66 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 19.100," kata Eva dalam keterangannya, Minggu (24/4). 

Menurut penjelasannya, relasi tujuan paling banyak dipilih masyarakat, yakni Solo, Kutoarjo, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya.

Dikutip dari Antara, Eva mengatakan, tiket untuk perjalanan jarak jauh dari periode sebelum dan sesudah hari Lebaran terjual sebanyak 81 persen.

"Sampai dengan 24 April, dari area Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek sebanyak 289.500 tiket KA Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan Pra Lebaran periode 22 April sampai 1 Mei dengan okupansi 81 persen dari total tiket yang disediakan yakni 358.100 tempat duduk," ujarnya. 

Baca Juga: Pantauan Mudik Terkini: Jalur Pelabuhan Merak Padat, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Meningkat

Adapun, lanjut dia, pada 27 April sampai 1 Mei merupakan tanggal yang paling banyak diminati masyarakat dan pemesanan sudah banyak dilakukan sejak jauh hari sebelumnya.

Pada kurun waktu tersebut, tingkat keterisian tempat duduk sudah mencapai sekitar 90 sampai dengan 97 persen.

Lanjut Eva, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang yang baru akan melakukan pemesanan untuk perjalanan KA pra lebaran dapat memilih tanggal keberangkatan 24 sampai 26 April.

Atau calon penumpang dapat mencari tanggal alternatif di luar tanggal favorit, seperti berangkat di antara tanggal 3 hingga 5 Mei yang masih memiliki ketersediaan tiket belum dipesan sekitar 43 ribu kursi.

"Masyarakat juga dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," katanya.

Sementara itu, menurut laporan Reporter Kompas TV, Imron, jumlah pemudik yang berangkat dari stasiun Pasar Senen ini akan diprediksi terus meningkat hingga puncak arus mudik Lebaran 2022.

Untuk diketahui, menurut pemerintah, puncak arus mudik akan terjadi pada 28 hingga 30 April 2022 mendatang. 

Baca Juga: Catat! Mulai Besok Korlantas Uji Coba Skema Pengaturan Arus Mudik di Tol Cikampek
 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x