Kompas TV regional berita daerah

Pesantren di Jembatan Suramadu, Benteng Keagamaan Masyarakat Madura

Kompas.tv - 2 November 2021, 12:41 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANGKALAN, KOMPAS.TV - Sebuah pondok pesantren berdiri di akses jalan menuju jembatan suramadu sisi Bangkalan Jawa Timur. Keberadaan ponpes itu diharapkan dapat menjadi benteng keagamaan masyarakat Madura setelah terkoneksi dengan masyarakat luar.

Pesantren jembatan suramadu itu bernama Ponpes Raudlatul Ulum Suramadu. Ponpes itu berdiri di jalan akses menuju jembatan suramadu sisi Kabupaten Bangkalan Jawa Timur. Bahkan lokasi ponpes itu sangat berdekatan dengan jembatan suramadu, yakni hanya satu kilometer.

Baca Juga: Ratusan Santri Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Di Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok pesantren suramadu didirikan oleh KH Ma'ruf Khozin atas izin para ulama Madura. Pesantren itu baru diresmikan pada awal bulan November 2021.

Keberadaan pesantren itu diharapkan dapat menjadi benteng keagamaan masyarakat Madura, khususnya generasi muda, agar tetap kokoh, meski terkoneksi dengan masyarakat luar, seperti Surabaya.

Baca Juga: BPIP Gelar Pelatihan dan Pembinaan untuk Santri di Ponpes Al Hikam Malang

Pesantren Suramadu kini mulai dihuni santri dari berbagai wilayah di Madura dan luar Pulau Madura. Bahkan keberadaan ponpes suramadu menjadi jujukan tempat istirahat dan sholat bagi pengendara yang sedang melintas di Jembatan Suramadu.

#PondokPesantren #JembatanSuramadu #Bangkalan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x