Kompas TV regional berita daerah

BPIP Gelar Pelatihan dan Pembinaan untuk Santri di Ponpes Al Hikam Malang

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 10:55 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk menanamkan kembali nilai luhur pancasila sebagai ideologi bangsa, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar pelatihan dan pembinaan di seluruh lapisan masyarakat.

Kali ini santri di Pondok Pesantren Al Hikam Malang menjadi salah satu target BPIP dalam menularkan nilai-nilai pancasila.

Tidak hanya santri, pembinaan ideologi Pancasila ini juga diikuti oleh tokoh agama, pemuda, dan beberapa komponen masyarakat.

Pembinaan ini juga sebagai salah satu kegiatan dalam peringatan hari santri nasional.

Selain peserta yang hadir langsung di Ponpes Al Hikam, peserta juga mengikuti kegiatan secara daring.

Gubernur Jawa Timur, Kepala BPIP dan Wali Kota Malang nampak hadir dalam kegiatan tersebut.

Deputi bidang pendidikan dan pelatihan BPIP RI, Baby Siti Salamah, menyampaikan bahwa dalam membumikan lagi nilai-nilai pancasila, peran santri dianggap sangat penting.

Apalagi di tengah maraknya ideologi ideologi lain yang bermunculan.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengasuh Ponpes Al Hikam Malang, Mohammad Nafi.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh BPIP ini seolah menjadi konfirmasi bagi pesantren yang telah menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Diharapkan dengan pembinaan dan penanaman kembali nilai-nilai pancasila ini, saat para peserta kembali ke tengah masyarakat, mereka dapat membawa nilai luhur pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari serta menularkan kepada lingkungan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x