Kompas TV regional berita daerah

Banjir Pesanan, Kerajinan Hiasan Dinding Tetap Bertahan Di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 30 September 2021, 21:52 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Salah satu perajin yang tetap bertahan di tengah kondisi saat ini adalah perajin hiasan dinding di Kota Malang. Menempati sebuah ruko kawasan Merjosari kota Malang hiasan dinding wooden project dibuat.

Selain menjadi tempat produksi, lokasi ini juga menjadi tempat untuk memajang hasil karya hiasan. Kerajinan yang diproduksi di tempat ini adalah hiasan dinding berbahan kayu dan stiker.

Ada tim khusus yang mendesain dan mencetak stiker yang nantinya akan ditempel ke media kayu. Agar mendapatkan hasil yang awet gambar atau tulisan pada stiker harus melalui proses pelapisan.

Setelah itu stiker yang sudah dilapisi ditempel pada kayu. Sejak mengawali usahanya tahun 2016 lalu, wooden project tetap bertahan pada kerajinan hiasan interior rumah khususnya hiasan dinding.

Rumah tinggal, kafe hingga perkantoran banyak yang menjadi pelanggan hiasan kerajinan dari kota malang ini.

Bahkan di tengah pandemi Covid 19, 800 hingga 1000 paket masuk dalam daftar pesanan. pasar digital menjadi penyumbang terbesar dalam pemasaran kerajinan ini.

Dengan rentang harga Rp. 16.000 hingga Rp. 137.000  tak heran jika  kerajinan ini laris manis di pasaran.

"Selama ini perkontainer ada 15ribu, ke Korea sama Amerika. Sebelum pandemi kita satu hari 200 paket, setelah pandemi ini bisa satu hari bisa kurang lebih 800-1000 paket" ujar Puji

Tak hanya pasar domestik, produk lokal ini juga sudah merambah ke luar negeri, mulai dari Korea hingga Amerika Serikat.

#walldecor #kerajinan #malang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x