Kompas TV regional berita daerah

Uji Coba Pembukaan 3 Tempat Wisata di DIY, Begini Teknisnya

Kompas.tv - 13 September 2021, 14:33 WIB
uji-coba-pembukaan-3-tempat-wisata-di-diy-begini-teknisnya
Tugu Yogyakarta (Sumber: Kemenparekraf)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV-  Tiga tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap mengikuti uji coba pembukaan di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Uji coba pembukaan tempat wisata di DIY ini dilakukan secara terbatas dan berlaku mulai 12 September 2021.

Tempat wisata yang dimaksud adalah Tebing Breksi Sleman, GL Zoo Yogyakarta, dan Hutan Pinusari Mangunan Bantul.  Uji coba pembukaan secara terbatas ini mengacu pada SE Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor SE/8/IL.04.00/DII/2021 terkait uji coba pembukaan tempat wisata di daerah PPKM level 3.

“Kami sudah melakukan persiapan serius untuk uji coba, semua tempat wisata yang akan dibuka dalam masa uji coba ini sudah mengantongi sertifikat CHSE dan sudah dapat QR code Pedulilindungi dari pemerintah,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: DIY Level 3, Jalan Utama Ditutup

Dinas Pariwisata DIY menyiapkan dua sistem dalam pelaksanaan uji coba pembukaan tempat wisata secara terbatas ini. Pertama, screening kesehatan wisatawan dengan aplikasi Pedulilindungi. Kedua, menyiapkan sistem reservasi melalui aplikasi Visiting Jogja.

“Ini upaya menyiapkan pariwisata di DIY lebih baik dan sehat, pengunjung juga aman berkunjung,” ucapnya.

Baca Juga: PPKM DIY Turun ke Level 3, Ini Kata Sultan HB X Soal Pembukaan Kembali Tempat Wisata

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x