Kompas TV regional sosial

Terkait Road Bike, Anies Minta Pemprov DKI Tidak Umumkan Aturan yang Belum Dibuat

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 12:44 WIB
terkait-road-bike-anies-minta-pemprov-dki-tidak-umumkan-aturan-yang-belum-dibuat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Tri Suci Waisak Walubi di Jakarta, Rabu (26/5/2021) (Sumber: Youtube/DPP Walubi)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar tidak ada orang dari Pemprov DKI yang mengumumkan kebijakan sebelum aturan dibuat.

Hal ini ia katakan terkait aturan pengguna sepeda jenis road bike yang diperbolehkan melaju di luar jalur sepeda khusus Jalan Sudirman-Thamrin. 

Anies mengatakan,Pemprov DKI bersama sejumlah stakeholder masih membahas aturan terkait hal ini. 

"Kami bahas dulu baru nanti kami sampaikan. Karena kebijakan itu dibuat aturannya baru diumumkan," kata Anies dalam keterangan suara, disadur dari Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Dia berharap agar Pemprov DKI tidak mengumumkan kebijakan yang belum dibuat karena dampaknya akan membuat bingung petugas di lapangan. 

"Saya selalu menggarisbawahi, jangan menjadi pengelola negara pengelola pemerintah nih mengumumkan sebelum membuat aturan, nanti kasian petugas di lapangan," ujarnya. 

Baca Juga: Anies: DKI Jakarta Targetkan Tambahan 101 Kilometer Jalur Sepeda Tahun InI

Aturan dapat diumumkan jika dokumennya sudah siap sehingga tidak ada kebingungan. 

"Jadi kita kalau mau bikin aturan, siapkan dulu dokumennya, siapkan dulu aturannya baru diumumkan. Kalau tidak nanti kerepotan di lapangan, jadi kami siapkan aturannya nanti kami umumkan," tambah dia.

Ia pun mengimbau agar pengguna moda transportasi dapat berbagi dengan sesama pengguna jalan. Anies mengatakan, jalanan di Ibu Kota tidak hanya dikhususkan untuk satu jenis kendaraan tertentu saja, termasuk road bike.

"Jadi bagi semuanya juga sadarilah bahwa jalan ini bukan milik satu jenis moda transportasi," kata Anies.

Selain itu, seluruh pengendara juga harus memperhatikan keselamatan semua pihak.

"Jadi jangan sampai ada yang menggunakan jalan tanpa memikirkan keselamatan orang lain maupun keselamatan dirinya," kata Anies. 

Baca Juga: Hari Bersepeda Sedunia, Anies Ajak Warga DKI Jakarta Bangkitkan Kebiasaan Bersepeda

Anies juga membantah bahwa kebijakan untuk mengizinkan pesepeda road bike keluar jalur sepeda tidak berorientasi pada pengembangan transportasi. Menurut Anies, road bike juga merupakan transportasi, sedangkan kegiatan hobi untuk memacu road bike di jalur kendaraan bermotor dibatasi di saat jam sepi.

"Kita terus konsisten memfasilitasi untuk transportasi, kemudian kegiatan hobi dibatasi jamnya di saat jam sedang sepi. Tapi prioritas kita adalah sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar sebagai alat sport, jadi yang kita dorong adalah itu," kata Anies.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut pesepeda jenis road bike diperbolehkan melintas di luar jalur sepeda. 

"Lintasan Sudirman-Thamrin untuk road bike pada Senin-Jumat diperbolehkan jam 05.00 sampai jam 06.30 WIB," kata Riza, Senin (31/5/2021) lalu. 
 

Baca Juga: Anies Ajak Warga Jakarta Gowes Bareng di Hari Sepeda Dunia
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x