Kompas TV regional peristiwa

Hari Bersepeda Sedunia, Anies Ajak Warga DKI Jakarta Bangkitkan Kebiasaan Bersepeda

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 10:05 WIB
hari-bersepeda-sedunia-anies-ajak-warga-dki-jakarta-bangkitkan-kebiasaan-bersepeda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa pengguna jalan saat bersepeda untuk pulang ke rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (2/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda bersama dengan sejumlah komunitas sepeda di Jakarta, dalam rangka memperingati hari bersepeda sedunia, Kamis (3/6/2021). Mereka bersepeda bersama menuju tempat bekerja masing-masing.

"Hari ini adalah sari sepeda sedunia, kami gunakan untuk berangkat ke tempat kerja naik sepeda. Hari ini berangkat naik sepeda, mengenakan seragam hari ini, yaitu batik," kata Anies saat membuka peringatan hari bersepeda sedunia di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Pada kesempatan ini, Anies mengajak masyarakat Jakarta untuk bangkitkan kebiasaan bersepeda. Ia mengingatkan bahwa warga akan lebih sehat jika banyak berjalan kaki dan bersepeda. 

"Kota ini warganya akan lebih sehat jika lebih banyak berjalan kaki dan mau naik sepeda. Pemerintah daerah juga harus menyiapkan, maka dari itu disiapkanlah trotoar dan jalur sepeda. Diharapkan kita bekerja bersama, kami dari pemerintah menyiapkan fasilitasnya dan masyarakat mulai membangkitkan kebiasaan bersepeda," ujar Anies.

Anies menyebut hal inilah yang mendorongPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untukmembuat lebih banyak jalur sepeda.

"Pemprov mendorong dibuatnya lebih banyak jalur-jalur sepeda. Ada yang permanen seperti di Jalan Sudirman, seperti yang kita gunakan nanti, " lanjut dia.

Baca Juga: Anies Ajak Warga Jakarta Gowes Bareng di Hari Sepeda Dunia

Menurut Anies, bersepeda ke tempat kerja dapat dilakukan dengan pakaian dan sepeda apapun tetapi harus tetap mengenakan pengaman. 

"Bersepeda ke kantor tidak harus memakai pakaian khusus bersepeda. Sepedanya juga bisa apa saja. Tinggal bersepeda pakai helm. Kami mengharapkan masyarakat Jakarta mulai membiasakan diri memakai sepeda," ujarnya. 

Pada peringatan hari bersepeda sedunia ini, Anies juga ditemani oleh beberapa duta besar dan warga negara tetangga yang ikut berpartisipasi dalam peringatan hari bersepeda sedunia ini.

"Hari ini bersepeda bersama Bike to Work Community. Ada juga beberapa duta besar negara sahabat yang negaranya sudah banyak orang bersepeda, ada dari Denmark dan Belanda," ungkap Anies.

 

Baca Juga: Aturan Lintasan Pesepeda Road Bike di Jalur Arteri Jakarta

Kegiatan ini dibuka oleh Anies di titik kumpul Bundaran Senayan pada pukul 06.30 WIB. Lalu, sekitar pukul 07.00 WIB, Anies bersepeda dari Bundaran Senayan menuju Bundaran HI, kemudian dilanjutkan ke Balai Kota DKI Jakarta.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x