Kompas TV regional peristiwa

KKB Lekagak Telenggen Disebut Telah Menyiapkan Lokasi Perang, Ini Respons Kapolda Papua

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 02:38 WIB
kkb-lekagak-telenggen-disebut-telah-menyiapkan-lokasi-perang-ini-respons-kapolda-papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan sumber pendanaan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berasal dai tambang-tambang emas ilegal di Papua. (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Penulis : Tito Dirhantoro

PAPUA, KOMPAS.TV - Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, angkat bicara terkait pernyataan salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Lekagak Telenggen, yang disebut telah menyiapkan lokasi perang dengan TNI-Polri.

Seperti diketahui, Lekagak Telenggen merupakan pimpinan KKB yang saat ini bermarkas di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua.

Baca Juga: TNI-Polri Merangsek ke Lokasi Markas KKB Lekagak Telenggen, Kapolda Papua: Saya Harap Dia Menyerah

Meski begitu, Fakhiri tidak ingin menanggapi tantangan perang yang dikeluarkan Lekagak Telenggen tersebut.

Menurut Fakhiri, saat ini Polri dan TNI telah mengubah pola dalam penangangan KKB di Papua. Fakhiri menyebut, aparat keamanan lebih mengedepankan pola persuasif.

Keputusan megubah pola pendekatan itu diambil setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Papua.

Baca Juga: 6 Kawanan KKB Berkumpul di Puncak, Kapolda Papua: Ada 150 Anggota Aktif yang Pegang 70 Senjata

Selama di Papua, Panglima TNI dan Kapolri mengunjungi pasukan baik TNI dan Polri yang bertugas di wilayah tersebut.

Selain itu, keduanya juga bertemu dengan tokoh masyarakat setempat dan sejumlah kepala daerah di wilayah pegunungan tengah Papua.

"Kita masih mau berkomunikasi dengan dia, kalau dia turun saya dengan bapak Pangdam akan jemput dan perlakukan dia sebagaimana warga negara lainnya," kata Fakhiri di Jayapura, Kamis (27/5/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x