Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Hari Tari Sedunia, 8 Penari Menari 24 Jam

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 11:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Peringatan Hari Tari Sedunia di Solo, Jawa Tengah, berlangsung meriah. Delapan penari dan tiga pemusik, beraksi selama 24 jam nonstop, hingga menyelesaikan aksi mereka pada Selasa (30/04/2024) pagi.

Suasana pagi di Teater Terbuka Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah, yang berlansgung meriah. Terlihat sejumlah kelompok menari, baik tari tradisional maupun kontemporer di panggung. Di antara mereka terdapat delapan penari, serta tiga pemusik yang beraksi sejak pukul enam pagi pada Senin (29/04/2024) lalu.

Mereka memeriahkan gelaran Hari Tari Sedunia yang ke-18, yang diperingati setiap 29 April.

Menjelang pukul enam pada Selasa pagi, terlihat salah satu panitia membawa jam. Ini menunjukkan bahwa sebentar lagi, para penampil genap beraksi selama 24 jam nonstop. Kemudian hitung mundur dilakukan tepat menjelang pukul enam pagi di hari Selasa.

Kedelapan penari dan tiga pemusik adalah seniman dan akademisi tari dari sejumlah daerah. Bahkan salah satunya, berasal dari Meksiko dan pernah belajar di ISI Solo.

“Saya latihan menari hampir setiap malam selama satu bulan. Saya menari selama enam jam sudah mulai capek,” tutur Yuliana Meneses Orduno, penari 24 jam asal Meksiko.

Tak jarang, ada waktu di mana para penari merasa lelah dan ingin berhenti, namun masing-masing dari mereka memiliki motivasi tersendiri untuk terus menari dan menyelesaikan 24 jam.

“Pada awalnya, cukup sulit bagi saya untuk masuk dan menikmati suasana apalagi saya introvert. Nah, setelah jam makan siang, saya baru menemukan kenyamanan. Kemudian setelah jam makan malam, cukup mengantuk tapi saya dapat skena jam dua dini hari, itu langsung bangun lagi. Itu motivasi terus bergerak, kalau diam kita malah ngantuk,” ucap Hany Sulistia Ningrum, penari 24 jam asal Bandung.

Gelaran Hari Tari Sedunia selalu diperingati dengan meriah di Kota Solo sebagai salah satu kota warisan dunia dan menari selama 24 jam adalah bentuk apresiasi untuk pelaku seni tari di mana pun mereka berada.

#haritarisedunia #isisolo #senitari




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x