Kompas TV regional berita daerah

Mobil PCR Keliling Tiba Di Samarinda

Kompas.tv - 26 Agustus 2020, 23:22 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV – Mobil PCR keliling telah terparkir di halaman kantor dinas kesehatan Kalimantan Timur. Mobil laboratorium PCR ini didatangkan untuk membantu beban pengujian sampel di laboratorium PCR yang telah ada di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dan lab kesehatan daerah  Kaltim.

Pasalnya saat ini, kasus penularan covid-19 di Kaltim khususnya di Kota Samarinda terus bertambah. Untuk itu, perlu dilakukan tracing kasus dengan cepat.

Menurut keterangan kepala dinas kesehatan Kalimantan Timur, Padilah Mante Runa, untuk mendatangkan mobil PCR keliling ini, pemprov Kaltim bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu speed lab sebagai penyedia jasa sekaligus pemilik mobil tersebut.

Lab PCR keliling ini akan diprioritaskan untuk menyelesaikan sampel prioritas yang ada di rumah sakit. Pihak speed lab pun telah menyediakan 7 tenaga operasional untuk pengujian sampel ini. Selain itu, mobil PCR keliling ini dalam sehari bisa memdeteksi 300 sempel test swab.

Semantara, 2 mobil PCR nantinya akan datang bebrapa hari kemudian, untuk saat ini, mobil ini akan di fokuskan menangani test swab di Kota Samarinda. Dari data dinas kesehatan  Kaltim kini menduduki peringkat ke 3 jumlah penyebaran dan penderita covid-19 setelah Jakarta dan Jawa Timur.

#MobilPCR#MobilLaboratorium#MobilKeliling



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x