Kompas TV pendidikan beasiswa

Kemenag Tambah Beasiswa PIP Madrasah dari Rp1 Juta jadi Rp1,8 Juta

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 04:30 WIB
kemenag-tambah-beasiswa-pip-madrasah-dari-rp1-juta-jadi-rp1-8-juta
Kementerian Agama menambah jumlah Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 bagi siswa madrasah menjadi Rp1,8 juta dari sebelumnya Rp1 juta. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Agama (Kemenag) menambah jumlah Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 bagi siswa madrasah menjadi Rp1,8 juta dari sebelumnya Rp1 juta. 

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, M. Sidik Sisdiyanto segera mengatakan, total jumlah beasiswa PIP madrasah yang akan dicairkan sebesar Rp1,3 triliun. 

“Alhamdulillah, tahun ini untuk pertama kalinya, PIP Madrasah secara nominal mengalami kenaikan untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang semula hanya Rp1 juta per siswa saat ini menjadi Rp1,8 juta per siswa," kata Sidik dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/2/2024). 

"Kami sangat memahami bahwa meskipun anggaran ini besar, namun belum mampu untuk menjangkau seluruh peserta didik yang telah memenuhi kriteria penerima PIP,” tambahnya. 

Dalam Rakor Teknis Persiapan Penyaluran Anggaran PIP 2024, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdhani menyampaikan, beasiswa PIP madrasah akan segera cair. 

Baca Juga: Pertamina Buka Beasiswa Sobat Bumi 2024, Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

Ia menyebut PIP merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu agar mereka tetap bersekolah.

“Murid-murid madrasah harus bercita-cita setinggi mungkin. Janganlah keterbatasan ekonomi maupun keterbatasan lainnya membatasi cita-cita mereka. Pupuk terus semangat untuk belajar dan belajar. Jangan khawatir dengan biaya. Pemerintah Indonesia telah menfasilitasi kalian semua,” tuturnya kepada para peserta rakor yang merupakan para siswa-siswi madrasah. 

“Jangan sampai ada siswa tidak bisa melanjutkan pendidikan kesarjanaan yang bermutu hanya gara-gara keterbatasan ekonomi. Pemerintah menyediakan beasiswa bagi anak-anak Indonesia, salah satunya melalui Kementerian Agama,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk PIP Madrasah sebesar Rp1,3 triliun.

Jumlah ini terdiri atas Rp422 miliar untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp558 miliar untuk siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 320 miliar untuk siswa Madrasah Aliyah (MA).

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa IISMA 2024 Diperpanjang hingga 19 Februari, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Sidik melanjutkan, anggaran tersebut akan dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama dicairkan pada minggu kedua Februari 2024, sebesar Rp900 miliar.

“Kementerian Agama akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain terkait penambahan anggaran sehingga mampu mengakomodir seluruh peserta didik madrasah yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur di dalam ketentuan yang berlaku,” tutur Sidik. 

Untuk proses penyaluran PIP, Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan Madrasah diminta berkoordinasi dengan pihak Bank Penyalur. 

Sinergi bertujuan untuk memberikan memberikan asistensi dan juga akses yang mudah dan efisien kepada seluruh peserta didik terkait dengan pencairan anggaran PIP.

Baca Juga: Syarat Daftar Beasiswa S2-S3 Australia Awards 2024, Tidak Ada Batasan Usia, Biaya Kuliah Gratis!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x