Kompas TV pendidikan beasiswa

Pertamina Buka Beasiswa Sobat Bumi 2024, Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 22:09 WIB
pertamina-buka-beasiswa-sobat-bumi-2024-ini-syarat-dan-link-pendaftarannya
PT Pertamina (Persero) membuka program beasiswa untuk mahasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4), yakni Beasiswa Sobat Bumi. (Sumber: Pertamina)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Pertamina (Persero) membuka program beasiswa untuk mahasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4), yakni Beasiswa Sobat Bumi. 

Beasiswa ini memberikan beragam manfaat untuk penerimanya. Mulai dari bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, capacity building terkait pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, dan energi terbarukan, serta jejaring mahasiswa seluruh Indonesia.

Vice President CSR & SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, beasiswa Sobat Bumi sudah ada sejak 2011 dan telah diberikan kepada 3.813 putra-putri terbaik seluruh Indonesia. 

Dari masa pandemi hingga tahun lalu, penerima terus meningkat dari tahun 2020 berjumlah 285 mahasiswa, 2021 berjumlah 381 mahasiswa, tahun 2022 berjumlah 420 mahasiswa, dan tahun 2023 berjumlah 465 mahasiswa.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa IISMA 2024 Diperpanjang hingga 19 Februari, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Ia menyampaikan, Beasiswa Sobat Bumi merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan bangsa.

“Beasiswa Sobat Bumi merupakan bagian dari program sustainable education sekaligus bentuk apresiasi kami kepada mahasiswa berprestasi dan juga aktif dalam kegiatan masyarakat maupun lingkungan hidup," kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Senin (12/2/2024). 

"Lewat beasiswa ini, kami membina mereka sesuai dengan semangat Pertamina, yakni energizing community. Jadi, mereka tidak hanya memperoleh bantuan dalam bentuk biaya tetapi juga pengalaman terjun langsung ke tengah masyarakat bersama Pertamina,” tambahnya. 

Tahun lalu, para penerima beasiswa melakukan 76 Aksi Sobat Bumi dengan total menanam 12.412 pohon mangrove, 800 pohon trembesi, 160 pohon angsana, 100 pohon cempaka, dan 155 pohon penyerap karbon lainnya serta mengumpulkan 3.9 ton sampah. 

Baca Juga: Syarat Daftar Beasiswa S2-S3 Australia Awards 2024, Tidak Ada Batasan Usia, Biaya Kuliah Gratis!

Selain itu, mereka juga didorong untuk mendukung program Pertamina, yakni Desa Energi Berdikari (DEB) dan Sekolah Energi Berdikari (SEB).

Sebanyak 42 penerima beasiswa terlibat dalam aktivitas DEB dan 141 dalam aktivitas SEB bersama Perwira Pertamina. 

Tidak hanya ikut aktivitas, mereka juga berperan sebagai katalisator energi terbarukan di desa-desa dengan menghasilkan 24 embrio DEB.

Setiap tahunnya, mereka juga wajib untuk menampilkan budaya daerah asal kampusnya masing-masing lewat tarian, nyanyian, dan bentuk-bentuk kesenian lainnya.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari mengungkap, antusiasme mahasiswa terhadap Beasiswa Sobat Bumi sangat tinggi.

Untuk itu, Agus mendorong para mahasiswa untuk segera mendaftar dan persiapkan diri semaksimal mungkin karena persaingannya begitu ketat.

Baca Juga: Promo Pemilu TMII: Beli 3 Gratis 1 Tiket Masuk hingga Diskon Masuk Taman Burung



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x