Kompas TV pendidikan kampus

Pendaftaran Segera Dibuka, Ini Cara Bikin Akun KIP Kuliah 2024

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 02:45 WIB
pendaftaran-segera-dibuka-ini-cara-bikin-akun-kip-kuliah-2024
Ilustrasi. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, salah satu program bantuan untuk mahasiwa yang dirilis oleh Kemdikbud. (Sumber: Repro/Kompas TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 akan segera dibuka. 

"Yuk bersiap-siap untuk Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024," bunyi keterangan pada unggahan akun Instagram @puslapdik_dikbud, Rabu (7/2/2022).

Jika menengok tahun lalu, pendaftaran KIP Kuliah 2024 berkemungkinan akan dibuka bersamaan dengan pendaftaran di setiap jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). 

Sebelum pendaftaran dibuka, calon pendaftar perlu mengetahui bahwa untuk mendaftar, seseorang harus memiliki akun di laman resmi KIP Kuliah. 

Baca Juga: Catat, Berikut Dokumen Penting untuk Daftar KIP Kuliah 2024

Akun tersebut akan digunakan untuk melakukan registrasi agar calon mahasiswa baru dapat mendaftar KIP Kuliah sesuai jalur masuk perguruan tinggi yang dipilih. 

Lantas, bagaimana cara membuat akun KIP Kuliah 2024? 

Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2024

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile app.

2. Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif. NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang status sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Baca Juga: Syarat Daftar KIP Kuliah Kemenag 2024, Dapat Rp6,6 Juta Per Semester



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x