Kompas TV pendidikan sekolah

Membanggakan! Tim Olimpiade Fisika Indonesia Raih Medali Emas dan The Best Team di ISPhO 2023

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 11:19 WIB
membanggakan-tim-olimpiade-fisika-indonesia-raih-medali-emas-dan-the-best-team-di-ispho-2023
Tim Olimpiade Fisika Indonesia berhasil mencatat prestasi di ajang International Scientific Physics Olympiad (ISPhO) 2023. (Sumber: Yayasan SIMETRI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Olimpiade Fisika Indonesia berhasil mencatatkan prestasi di ajang International Scientific Physics Olympiad (ISPhO) 2023.

Dalam kejuaraan yang diselenggarakan secara daring dan on-site di Russia pada 3 -11 Desember 2023 itu, Tim Indonesia sukses meraih 1 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Selain medali individu, Indonesia secara tim sukses meraih The 1st Prize pada kategori The Best Team. Sedangkan Grand Prix Prize diraih oleh tim tuan rumah Russia.  

Pada ajang ISPhO 2023, Tim Indonesia diwakili sejumlah siswa dari berbagai daerah yaitu Fansen Candra Funata dari SMA Darma Yudha Pekanbaru yang berhasil meraih medali emas.

Muhammad Arif Khalfani Ismail (SMA Fatih Billingual School, Banda Aceh) dan 
Ahmad Nafi Ramadhan (SMA Al Kahfi Kab Bogor) yang meraih medali perak.

Kemudian Muh. Zaidan Naja (MAN 2 Kota Malang) dan William Christian Gani (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta) yang merebut medali perunggu.

ISPhO pertama ini diselenggarakan oleh Pemerintah Khanty-Mansi Autonomous Okrug-Yugra dan Moscow Institute of Physics and Technology serta didukung oleh Kementerian Pendidikan Russia. Pesertanya adalah 87 siswa yang berasal dari 24 negara.

Berbeda dengan olimpiade fisika lainnya seperti Asian Physics Olympiad dan International Physics Olympiad, ISPhO juga menguji kemampuan siswa dalam aspek fisika komputasi selain aspek fisika teori.

Proses seleksi dan pembinaan tim dilakukan oleh Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (SIMETRI).

Baca Juga: Tim Olimpiade Fisika Indonesia Torehkan Prestasi (Bag 1)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x