Kompas TV pendidikan sekolah

Cara Cek NISN Pakai Nama secara Online, Berguna untuk Daftar Bantuan PIP dan BOS

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 05:30 WIB
cara-cek-nisn-pakai-nama-secara-online-berguna-untuk-daftar-bantuan-pip-dan-bos
Cara cek NISN. (Sumber: Kemdikbud.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) segala jenjang pendidikan baik SD, MI, SMP hingga SMA bisa dilihat secara online tanpa harus bertanya atau datang ke sekolah.

Sebagai informasi, NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Referensi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud Ristek. 

Baca Juga: Update Cara Cek Bantuan PIP Lewat HP Agustus 2023 di pip.kemdikbud.go.id, Sudah Dicairkan?

NISN juga berguna untuk pengembangan dan penerapan program-program bantuan pendidikan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Selain itu, NISN juga penting diketahui bagi siswa yang akan menjalani ujian nasional atau mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Cara cek NISN online sangat mudah. Anda hanya diminta untuk mengisi nama, tempat tanggal lahir, dan nama ibu. Berikut caranya.

Cara Cek NISN

1. Kunjungi laman berikut 

2. Isi data-data yang diperlukan seperti  nama, tempat tanggal lahir dan nama ibu sesuai dengan kolom




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x