Kompas TV pendidikan kampus

Inilah 3 PTN Indonesia yang Masuk 300 Kampus Terbaik Dunia Versi QS WUR 2024

Kompas.tv - 1 Juli 2023, 05:30 WIB
inilah-3-ptn-indonesia-yang-masuk-300-kampus-terbaik-dunia-versi-qs-wur-2024
Ilustrasi kampus Universitas Indonesia (UI). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut adalah tiga perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia yang masuk ke dalam daftar 300 kampus terbaik di dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2024.

Dalam 300 besar kampus terbaik dunia versi QS WUR 2024, terdapat tiga perguruan tinggi negeri (PTN) yang berhasil masuk dalam deretan tersebut.

Dalam edisi tahun ke-20 Quacquarelli Symonds memimpin industri analisis universitas terkemuka dengan kinerja terbaik di seluruh dunia, QS WUR 2024 ini menampilkan 1.500 institusi/universitas dari 104 lokasi. 

Data yang diambil berupa analisis 17,5 juta makalah akademik dan pendapat ahli dari lebih 240.000 fakultas akademik dan pemberi kerja. 

Pada 2024 ini, tiga PTN indonesia berhasil untuk turut memeriahkan deretan 300 besar dunia dinilai dari tiga indikator baru yaitu keberlanjutan, hasil ketenagakerjaan, dan jaring riset internasional. 

Dari ketiga indikator utama yang sudah disebutkan, dibagi lagi menjadi sembilan indikator penilaian yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, Citation per Faculty, International Faculty Ratio, International Student Ratio, International Research Network, Employment Outcomes, dan Sustainability.

Dalam indikator QS ini, menunjukan perubahan prioritas mahasiswa dan misi yang berkembang dari institusi pendidikan terkemuka kelas dunia saat ini.

Pada keseluruhan indikator tersebut juga menekankan komitmen terhadap keberlanjutan masing-masing perguruan tinggi. 

Hasil analisis QS WUR 2024 cukup menggembirakan bagi Universitas Indonesia (UI). Bagaimana tidak? Kali ini, QS WUR 2024 menempatkan UI menjadi perguruan terbaik di Indonesia yang sebelumnya pernah tergeser menjadi urutan ketiga. Kemudian dalam pemeringkatan dunia, Ui berada pada posisi ke-237. 

Baca Juga: Daftar PTS Terbaik di Indonesia Versi THE WUR, QS WUR dan SIR

Kampus terbaik dunia

Berikut adalah tiga PTN di Indonesia yang berhasil masuk 300 kampus terbaik dunia versi QS World University Rankings 2024. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x