Kompas TV olahraga sepak bola

Belum Kebobolan hingga Semifinal, Pelatih Uzbekistan U23 Tidak Gentar Hadapi Indonesia

Kompas.tv - 29 April 2024, 11:00 WIB
belum-kebobolan-hingga-semifinal-pelatih-uzbekistan-u23-tidak-gentar-hadapi-indonesia
Pelatih Timnas U23 Uzbekistan Timur Kapadze tidak mau meremehkan Indonesia yang menjadi lawan mereka di semifinal Piala Asia U23 2024. (Sumber: Uzbekistan FA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Menjelang laga semifinal Piala Asia U23 2024 melawan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pelatih Timnas Uzbekistan U23, Timur Kapadze, menegaskan kepercayaan dirinya menghadapi atmosfer 'kandang' yang menguntungkan bagi Garuda Muda.

Stadion yang telah menjadi keberuntungan bagi Indonesia di panggung Asia itu tidak membuat nyali Uzbekistan menciut.

Dari empat laga yang dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, baik tim senior maupun U-23 Indonesia selalu meraih kemenangan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Percaya Diri Antar Timnas U-23 Indonesia ke Olimpiade Paris 2024: Ini Saatnya

Mereka mencetak delapan gol dan hanya kebobolan tiga gol, termasuk kemenangan dramatis adu penalti 11-10 atas Korea Selatan di perempat final beberapa waktu lalu. Ribuan suporter Merah Putih yang memadati stadion itu pun seakan membuat Indonesia bermain di kandang sendiri.

Namun, Kapadze mengaku tidak terpengaruh dengan situasi tersebut.

"Itu (stadion yang dipenuhi suporter Indonesia) tidak akan berdampak pada kami karena kami punya pengalaman bermain di hadapan banyak orang," tegas pelatih berusia 42 tahun itu sebagaimana dikutip dari situs Asian Cup, Jumat (28/4/2024).

Uzbekistan memang tampil sebagai tim dengan rekor sempurna di Piala Asia U-23 2024 hingga saat ini. Dalam empat laga yang sudah dijalani, mereka meraih empat kemenangan dengan mencetak 12 gol dan tidak kebobolan sama sekali. Pada perempat final, tim Asia Tengah tersebut menaklukkan juara bertahan Arab Saudi dengan skor 2-0.

Meski laga terakhir melawan Arab Saudi berjalan dengan sangat sulit, Kapadze meyakini timnya akan menghadapi pertarungan yang tak kalah ketat saat bentrok dengan Indonesia yang menyandang status debutan di turnamen tersebut.

Baca Juga: Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan Boleh, asal Tidak Dikomersialkan, Ini Aturannya

"Kami senang bisa mencapai babak ini, kami akan menghadapi pertandingan yang sulit besok tapi kami akan siap," ucapnya.

"Setiap pertandingan sulit bagi kami, terutama pertandingan terakhir melawan Arab Saudi."

Indonesia menghadapi Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4) malam nanti dipastikan akan berlangsung sengit. Kedua tim tampaknya tak akan memberi ruang untuk saling mengalah dalam upaya meraih tiket final dan lolos ke Olimpiade Paris 2024.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x