Kompas TV pendidikan kampus

Tidak Lolos UTBK SNBT 2023? Jangan Sedih, Coba 5 Hal Ini agar Tetap Semangat

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 15:47 WIB
tidak-lolos-utbk-snbt-2023-jangan-sedih-coba-5-hal-ini-agar-tetap-semangat
Ilustrasi. Pengumumn UTBK SNBT 2023 (Sumber: Dok. Humas UI)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi yang tidak lolos UTBK SNBT 2023, diimbau tidak perlu berkecil hati. Ada pepatah "Banyak jalan menuju Roma", begitu pula ada banyak jalan menuju kampus impian.

Sebagai informasi, pengumuman Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 sudah diumumkan hari ini, Selasa (20/6/2023) Pukul 15.00 WIB.

Tahun ini ada 800.000 lebih pendaftar seleksi UTBK SNBT 2023. Adapun daya tampungnya hanya sekitar 259.635 orang, maka wajar jika ada peserta yang tidak lolos.

Baca Juga: Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2023 Hari Ini, Begini Cara Cetak Sertifikatnya

Lalu, hal apa yang bisa dilakukan bagi para peserta yang dinyatakan tidak lolos dalam UTBK SNBT 2023? Berikut 5 rekomendasi yang bisa dilakukan.

1. Mencoba Jalur Mandiri

Selain UTBK SNBT, masih ada jalur penerimaan PTN lainnya yang bisa ditempuh calon mahasiswa, seperti seleksi bersama Perguruan Tinggi Kementerian Lain (PTKL) atau seleksi mandiri yang dibuka oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

Beberapa PTN juga telah membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri mereka. Kamu bisa mendaftar dalam jalur mandiri SIMAK UI, UM UGM, SMUA Unair, SMUP Unpad, dan berbagai jalur mandiri PTN lainnya.

2. Daftar Sekolah Kedinasan

Peluang kuliah di instansi pendidikan negeri tidak hanya dibuka pada PTN saja. Saat ini, ada banyak sekolah kedinasan yang membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah.

Sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil), dan berbagai sekolah kedinasan lainnya bisa menjadi pilihan calon mahasiswa.

Baca Juga: Tak Lolos UTBK SNBT 2023? Jangan Khawatir, Ini 12 PTN yang Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK

3. Daftar PTS

Selain PTN, ada banyak perguruan tinggi swasta (PTS) berkualitas yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa dalam melanjutkan studi.

Saat ini, banyak PTS juga menyediakan pembelajaran yang kualitasnya tidak kalah dengan PTN top Indonesia.

Tidak perlu khawatir terkait pembiayaan karena sekarang ada banyak beasiswa yang bisa calon mahasiswa ajukan dan tersedia di masing-masing PTS.

4. Mencoba Tahun Depan dengan Persiapan Lebih Baik

Jika kamu termasuk yang bertekad ingin masuk PTN impian dan ingin mempersiapkan lebih baik lagi, tunggu satu tahun ke depan untuk mengikuti UTBK SNBT tahun depan.

Jika kamu memilih gap year, coba persiapkan semuanya dengan baik selama satu tahun ke depan. Riset lagi jurusan dan kampus yang ingin kamu tembus.

Kamu bisa melakukan persiapan sendiri di rumah dengan belajar secara mandiri atau kursus baik online atau offline.

5. Belajar Melakukan Usaha

Sembari menunggu kesempatan untuk mendaftar tahun depan, kamu juga bisa sembari belajar melakukan usaha sesuai dengan kemampuan.

Siapa tahu, usaha yang kamu lakukan bisa berhasil dan mampu digunakan untuk membantu membayar kuliah nantinya.

Baca Juga: Pengumuman UTBK SNBT 2023 Hari Ini, Cek Dulu Biaya UKT UI, UGM, UNY, Undip dan UNNES



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x