Kompas TV pendidikan beasiswa

Kemenag Buka Program Beasiswa Santri Berprestasi, Pendaftaran Mulai 3-13 Juli 2023

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 10:46 WIB
kemenag-buka-program-beasiswa-santri-berprestasi-pendaftaran-mulai-3-13-juli-2023
Kementerian Agama segera membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) mulai 3 Juli sampai 13 Juli. (Sumber: Kemenag.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama segera membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Beasiswa itu diberikan dengan kolaborasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono mengatakan, mekanisme pendaftaran online PBSB masih tetap sama dengan sebelumnya.

Yakni pesantren lebih dulu melakukan registrasi dan memilih nama santri yang telah terdata pada Education Management Information System (EMIS).

Sementara pilihan program studi serta komponen beasiswa yang disediakan lebih beragam dan berbeda dengan sebelumnya.

Baca Juga: Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Satu Semester di Luar Negeri, Ini Syaratnya

“Jika tidak ada kendala, pendaftaran PBSB secara online akan dibuka pada tanggal 3 hingga 13 Juli 2023. Oleh karenanya, santri calon pendaftar agar mempersiapkan diri dan mengikuti perkembangan informasi beasiswa ini melalui berbagai kanal media Kemenag,” kata Waryono seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (19/6/2023). 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, PBSB bersumber dari Dana Abadi Pesantren. 

Selain itu, perubahan skema penganggaran PBSB yang terintegrasi dengan program beasiswa dari LPDP Kemenkeu juga dimulai tahun ini. 

Skema ini diharapkan semakin membuka banyak peluang bagi para santri yang ingin melanjutkan pendidikan dengan beasiswa.

"Ini merupakan kolaborasi yang diperlukan dalam rangka penguatan skema penggunaan dana abadi Pesantren dengan peningkatan SDM Pesantren. Insya Allah tahun ini dialokasikan Dana Abadi Pesantren sebesar 80 miliar untuk 1.000 Santri penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi,” tuturnya. 

Baca Juga: Sempat Tak Direstui Lanjutkan Mimpi, 2 Cewek Ini Bagikan Trik Lolos Beasiswa Bergengsi | POLLING #50

Penegasan Ali Ramdhani ini didasarkan pada laporan hasil Rapat Koordinasi Penyelenggaraan PBSB yang berlangsung di Bogor, 13 – 15 Juni 2023. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x