Kompas TV pendidikan edukasi

Gaduh! Pendidikan Disebut Scam, Akademisi: Sukses Tanpa Pendidikan Tak Berlaku untuk Semua Orang

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 19:00 WIB
gaduh-pendidikan-disebut-scam-akademisi-sukses-tanpa-pendidikan-tak-berlaku-untuk-semua-orang
Ilustrasi topi toga. (Sumber: Thinkstock via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah video dari YouTuber Timothy Ronald yang menyebutkan bahwa pendidikan di sekolah merupakan scam atau penipuan.

Pernyataan dari Timothy tersebut lantas dibagikan oleh akun-akun lain di Twitter. Tidak sedikit yang sepakat dengan pendapat Timothy, tapi banyak pula yang kontra.

“Bahwa sistem edukasi sekolah itu adalah scam (penipuan). Gue mau mengubah sistem edukasi, menurut gua itu semua scam,” kata Timothy dalam video yang beredar.

Tidak sedikit yang menyeret nama Bill Gates dan Mark Zuckernberg yang sukses meski telah drop out dari kuliah.

Baca Juga: Haru! Irawati Puteri: Orang Tuaku Kerjanya Serabutan, Tetap Utamakan Pendidikan Anak | PODCAST KODE

Tanggapan Akademisi

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UPI, Didi Sukyadi, mengatakan bahwa anggapan orang bisa sukses tanpa pendidikan formal tak berlaku untuk semua orang, tak bisa digeneralisasikan.

Didi menyebutkan nama Bill Gates, pendiri Microsoft, yang drop out (DO) atau keluar dari Harvard University tetapi bisa menjadi orang yang sukses.

“Saya tanya, ada berapa orang yang sukses seperti Bill Gates? Banyak mana yang sukses seperti Bill Gates dan yang sukses dari pendidikan?” ujar Didi kepada Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Menurut Didi, pendidikan formal merupakan cara efektif untuk mengubah kehidupan, meski waktunya lambat. Hal ini dikarenakan pendidikan formal tak hanya menawarkan ilmu, tetapi juga nilai-nilai kehidupan.

"Knowledge bisa dari Google atau AI, tapi nilai, cara hidup, cara bergaul, tak bisa mereka ajarkan," lanjutnya.

Baca Juga: Viral PDIP Bagi Amplop ke Jamaah Tarawih, Ketua DPP PDIP Jatim: Itu Zakat, Bukan Money Politic!

Kata Pengamat Pendidikan

Pengamat pendidikan, Ine Liem, mengatakan bahwa pendapat Timothy Ronald kurang tepat. Dia memperkirakan bahwa pemuda itu pernah mendapatkan pengalaman negatif di sekolah sehingga kekecewaan terlontar.

“Jadi, ini merupakan feedback atau review bagi kita semua, karena kita semua punya peran di pendidikan,” jelas Ine, Senin.

Ine mengakui bahwa sistem pendidikan saat ini belum sempurna. Sebab, sistem pendidikan low order thinking atau sekadar hafalan. Padahal, ada enam level berpikir dalam pendidikan, yakni knowledge, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi, dan menciptakan.

Baca Juga: Viral, Pria Ini Bawa 11 Kucing Pulang Kampung dengan Motor, Tempuh Jarak 300Km

Soal Bill Gates, Ine bilang bahwa sosok itu tidak tepat dijadikan contoh yang mewakili orang sukses meski DO saat kuliah. Menurut dia, Bill Gates sudah memiliki kemampuan yang mumpuni dan bisa bekerja tanpa ijazah.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x