Kompas TV otomotif otonews

Airlangga Hartarto Buka GIIAS 2023, Ini Daftar Merek Mobil dan Motor yang Ikut Pameran

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 11:48 WIB
airlangga-hartarto-buka-giias-2023-ini-daftar-merek-mobil-dan-motor-yang-ikut-pameran
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuka pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Kamis (10/8/2023) di ICE BSD. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023 resmi dibuka di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2023). Namun untuk hari ini, GIIAS belum dibuka untuk umum, masih terbatas untuk undangan dan media saja.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang membuka GIIAS mengapresiasi kinerja sektor otomotif. Ia menyebut industri manufaktur merupakan kontributor terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) dengan persentase 18,15 persen.

"Sektor manufaktur Indonesia saat ini tengah bergerak positif sebagai kontributor terbesar tehadap ekonomi nasional. Kemudian diikuti perdagangan yang isinya semua dari otomotif," kata Airlangga.

Ia mengatakan pameran mobil seperti GIIAS turut mendongkrak penjualan mobil nasional. Airlangga juga menyampaikan banyak pabrikan mobil baru yang akan masuk ke pasar Indonesia.

Baca Juga: Tiket Kapal Laut di Labuan Bajo Kini Bisa Dibeli Online, Berikut Daftar Rute dan Cara Belinya

"Saya baru mendengar otomotif itu akan banyak yang masuk ke indonesia. Saya nanti akan lihat langsung. Sebab saat ini secara unitnya masih sedikit walaupun sudah ada beragam kebijakan dan baru saja dikalibrasi lewat insentif," tuturnya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Ketua Umum Golkar itu berharap GIIAS 2023 mencatatkan penjualan yang lebih besar daripada edisi sebelumnya.

"Tahun lalu sampai Rp14.3 triliun transaksinya dengan unit terjual 25.000 unit lebih. Tahun ini harusnya lebih karena slogannya saja 'The Future is Now,'" ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS Rizwan Alamsjah menjelaskan, tema The Future is Now merepresentasikan masa depan industri otomotif Indonesia yang terletak pada kendaraan listrik. Sehingga GIIAS 2023 banyak menampilkan kendaraan listrik.

Baca Juga: BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Capai Level 5 Persen Selama 7 Kuartal Berturut-Turut

“GIIAS tidak pernah absen menjadi ajang perkenalan industri otomotif, tahun ini pun puluhan inovasi, teknologi kendaraan terbaru termasuk juga dari kendaraan berbasis listrik, hingga kendaraan world premiere akan diluncurkan di GIIAS 2023,” kata Rizwan, dikutip dari Gridoto.com.

Ia menyampaikan, GIIAS tahun ini sekaligus menjadi ajang untuk memberikan informasi, edukasi dan pengalaman tentang teknologi otomotif terbaru kepada masyarakat Indonesia khususnya kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.



Sumber : Kompas.com, Gridoto.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x