Kompas TV olahraga sepak bola

FIFA: Sepak Bola Indonesia Alami Kemajuan yang Bagus

Kompas.tv - 9 April 2024, 11:17 WIB
fifa-sepak-bola-indonesia-alami-kemajuan-yang-bagus
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Gianni Infantino saat menyaksikan laga Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan sepak bola dunia FIFA memuji perkembangan sepak bola Indonesia yang menurut mereka mengalami kemajuan yang bagus.

Dalam beberapa bulan belakangan, sepak bola Indonesia memang sibuk dengan sejumlah agenda.

Pada bulan November-Desember 2023 lalu, Indonesia menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U17.

Sementara dari prestasi sepak bola, Timnas Indonesia berhasil lolos untuk pertama kalinya ke babak knockout pada Piala Asia 2023 bulan Januari lalu.

Dan sekarang, Tim Garuda juga berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Hasil-hasil tersebut membuat posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA terus merangkak naik.

Dalam peringkat yang dirilis April 2024, Indonesia menjadi negara yang loncatayn tertinggi dengan naik delapan tangga ke posisi 134.

PSSI menyebut, perkembangan sepak bola Indonesia ini tidak lepas dari peran FIFA.

“Gelaran FIFA U-17 World Cup tahun lalu di mana Indonesia menjadi tuan rumah mendapat efek  pada pengembangan sepak bola di dalam negeri, khususnya infrastruktur. Terbukti saat ini banyak menyediakan sarana bagi talenta-talenta muda untuk memperlihatkan kemampuan mereka di pentas global. Turnamen ini meningkatkan pengembangan dan pengenalan terhadap pemain yang krusial bagi perkembangan mereka," kata PSSI kepada FIFA Inside.

“Dengan jumlah kehadiran yang luar biasa yakni 437,000 penonton, turnamen ini memancing ketertarikan dan partisipasi  pada sepak bola khususnya anak-anak muda Indonesia sekaligus meletakkan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan olahraga yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Sejak 2021, ranking FIFA Indonesia terus mengalami kenaikan. Meski begitu, PSSI belum mau puas dan menargetkan untuk masuk ke jajaran 100 besar dunia.

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Tim dengan Lonjakan Tertinggi, Lewati Malaysia & Duduk di Posisi 134

"(Ini) adalah bukti upaya kolektif dan kemajuan yang dibuat dalam pengembangan sepak bola. Bangsa Indonesia dapat berbangga dengan pencapaian ini, yang menunjukkan bahwa langkah yang diambil sudah berada di arah yang benar," kata PSSI.

PSSI juga mengakui bahwa FIFA dengan program FIFA Forward-nya mempunyai peran penting dalam perkembangan sepak bola Indonesia, baik di dalam maupun di luar lapangan. 

"Mereka telah secara aktif mendukung PSSI untuk meningkatkan sepak bola di tingkat nasional dan usia muda melalui berbagai inisiatif, termasuk peningkatan infrastruktur, sepak bola wanita dan pengembangan akar rumput," lanjut PSSI.

Hal ini termasuk pendirian pusat pelatihan yang canggih di ibu kota baru Indonesia, di mana FIFA Forward berkontribusi menambah dana pemerintah sebesar 5,65 juta dolar AS atau sekitar hampir Rp 90 miliar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x