Kompas TV olahraga sepak bola

Simak, Begini Format Baru Liga Champions yang Berlaku di Musim Depan

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 21:54 WIB
simak-begini-format-baru-liga-champions-yang-berlaku-di-musim-depan
Trofi Liga Champions. (Sumber: UEFA)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - UEFA telah resmi mengumumkan format baru Liga Champions yang akan berlaku mulai musim depan. 

"UEFA telah dengan jelas menunjukkan bahwa kami berkomitmen penuh untuk menghormati nilai-nilai dasar olahraga dan mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka, dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, yang sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa yang berbasis solidaritas," kata presiden UEFA, Aleksander Čeferin dikutip dari uefa.com, Rabu (6/3/2024).

"Saya sangat senang bahwa ini adalah keputusan bulat dari Komite Eksekutif UEFA, dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan asosiasi nasional semuanya setuju dengan proposal yang dibuat. Satu lagi bukti bahwa sepak bola Eropa lebih bersatu dari sebelumnya," imbuhnya.

Baca Juga: Mengenal UEFA Europa Conference League

Format Baru Liga Champions 

Perubahan yang paling kentara dari format baru ini adalah dihapuskannya sistem fase grup terdahulu.

Saat ini, fase grup Liga Champions diikuti oleh 32 tim yang dibagi ke dalam delapan grup, masing-masing grup terdiri dari 4 tim. 

Mulai musim 2024-25, bakal ada 36 klub yang akan ambil bagian. Ke-36 tim tersebut akan digabungkan dalam ke satu grup besar atau yang disebut UEFA sebagai fase liga (league phase) dengan sistem klasemen. 

Di bawah format baru ini, tim-tim akan memainkan delapan pertandingan di fase liga (sebelumnya fase grup), tidak lagi menghadapi tiga tim dua kali dengan format kandang-tandang.

Tim-tim akan melakoni pertandingan melawan delapan tim yang berbeda, memainkan setengah dari pertandingan tersebut di kandang dan setengahnya lagi di kandang.

Untuk menentukan delapan lawan yang berbeda, tim-tim awalnya akan ditempatkan dalam empat pot unggulan.

Nantinya, setiap tim akan diundi untuk menghadapi dua lawan dari masing-masing pot, memainkan satu pertandingan melawan satu tim dari masing-masing pot di kandang, dan satu pertandingan tandang.

Baca Juga: Kata Harry Kane usai Antar Bayern Munchen ke Babak 8 Besar Liga Champions 2023-24

Berikut Simulasinya:

UEFA akan membuat empat pot yang masing-masing terdiri dari sembilan tim.

Juara bertahan Liga Champions akan berada di Pot 1. Sementara penetuan tempat Pot tim-tim lainnya tergantung poin koefisien klub lima tahun terakhir. 

Setiap tim akan menghadapi dua tim dari masing-masing pot (satu kandang, satu tandang) untuk menciptakan delapan pertandingan dengan kekuatan yang kurang lebih sama.



Sumber : Kompas TV/UEFA


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x