Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Kalah dari Irak, Marselino Ferdinan Dipuji Media Asing

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 13:19 WIB
timnas-indonesia-kalah-dari-irak-marselino-ferdinan-dipuji-media-asing
Penampilan Marselino Ferdinan dipuji media asing saat Timnas Indonesia menghadapi Irak di pertandingan Grup D Piala Asia 2023 Qatar, Senin (15/1/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media asing memuji penampilan Marselino Ferdinan ketika Timnas Indonesia menghadapi Irak di laga Grup D Piala Asia 2024.

Dalam pertandingan yang digelar di Ahmed bin Ali Stadium di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024), skuad asuhan Shin Tae-yong takluk dengan skor 1-3.

Gol Irak yang dicetak Mohanad Ali (17'), Osama Rashid (45+7') dan Aymen Hussein (75') hanya mampu dibalas sekali oleh Timnas Indonesia lewat kaki Marselino Ferdinan di menit 37.

Meski kalah, ESPN menilai Indonesia sudah membuktikan diri layak tampil di Piala Asia 2023 dengan skuad yang sangat muda.

Media tersebut menilai Marselino Ferdinan sejauh ini menjadi talenta yang paling menjanjikan yang dimiliki Timnas Indonesia.

"Tetapi meski kalah, Indonesia -- dan beberapa bakat muda cerah mereka -- membuktikan bahwa mereka pantas berada di panggung terbesar di benua ini," bunyi artikel ESPN yang ditulis Gabriel Tan.

"Dan, saat ini, tidak ada bakat yang lebih cemerlang di barisan Merah Putih daripada Marselino Ferdinan."

Lebih lanjut ESPN juga menuliskan bahwa Shin Tae-yong pasti cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia saat pertandingan melawan Irak.

Baca Juga: Yakin Gol Kedua Irak Offside, Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC

Mereka juga menyoroti sejumlah pemain muda lain yang tampil seperti Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Pratama Arhan.

"Hasilnya mungkin tidak ideal untuk Indonesia, tetapi penampilannya pasti membuat Shin senang. Seperti Marselino yang mencetak gol pertama Piala Asia bagi negaranya sejak gol ikonik Elie Aiboy melawan Arab Saudi pada tahun 2007," lanjut ESPN.

"Masih berusia 19 tahun, Marselino dianggap sebagai bakat terbesar Indonesia dalam beberapa tahun terakhir sejak muncul dua tahun lalu."

"Dalam waktu itu, ia pindah ke Eropa setelah bergabung dengan tim divisi kedua Belgia, KMSK Deinze, dan menjadi bagian dari tim U-23 yang memenangkan medali emas pertama dalam SEA Games selama 32 tahun terakhir pada Mei lalu."

"Dia bukan satu-satunya prospek berbakat yang memberikan kesan, dengan pemain berusia 20 tahun, Ivar Jenner dan Justin Hubner menawarkan kehadiran nyata di lini tengah, sementara Pratama Arhan punya pengalaman cukup besar di posisi bek kiri."

"Meskipun awalnya dianggap oleh banyak orang sebagai tim paling lemah di Grup D, sekarang mereka harus melawan lawan berikutnya, Vietnam, dengan keyakinan bahwa mereka bisa mendapatkan hasil positif melawan rival regional mereka," tulis ESPN.

Pada pertandingan selanjutnya di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Jumat (19/1/2024).

Sementara di laga terakhir, Jordi Amat dan kawan-kawan bakal menantang Jepang pada Rabu (24/1/2024). 

Baca Juga: Gol Kedua Timnya ke Gawang Timnas Indonesia Dinilai Kontroversial, Pelatih Irak Bilang Begini


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x