Kompas TV olahraga sepak bola

Yakin Gol Kedua Irak Offside, Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 08:49 WIB
yakin-gol-kedua-irak-offside-timnas-indonesia-layangkan-protes-ke-afc
Timnas Indonesia resmi melayangkan protes ke AFC terkait gol kedua Irak pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

AL RAYYAN, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia resmi melayangkan protes ke AFC terkait gol kedua Irak pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam.

Seperti yang diketahui, dalam pertandingan yang digelar di Ahmed bin Ali Stadium itu, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3.

Gol Irak dari Mohanad Ali (17'), Osama Rashid (45+7') dan Aymen Hussein (75') hanya mampu dibalas sekali oleh skuad Garuda lewat kaki Marselino Ferdinan di menit 37.

Namun seusai pertandingan, Timnas Indonesia melakukan protes ke AFC terkait gol kedua Irak yang dicetak oleh Osama Rashid.

Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan mengatakan bahwa tim sangat kecewa dengan keputusan wasit Tantashev Ilgiz yang tidak membatalkan gol dari Osama Rashid meski sudah menggunakan peninjauan dari rekaman VAR.

Indonesia merasa gol tersebut tidak sah karena ada kejadian offside sebelum terciptanya gol.

"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak," kata Endri dikutip dari Antara, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga: Piala Asia 2023: Marselino Cetak Gol Kejutan, Babak Pertama Berakhir 1-2 untuk Irak

"Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," imbuhnya.

Meski surat protes tersebut tidak bisa mengubah hasil pertandingan, Indonesia berharap sikap tegas ini bisa membuat wasit beserta perangkat pertandingan lainnya lebih cermat dalam membuat keputusan.

"Setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," ujar Endri.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga menyebut gol kedua Irak tersebut tidak sah dan 100 persen offside.

"Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside. Itu 100 persen offside," ucap Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x