Kompas TV olahraga sepak bola

Der Kaiser Franz Beckenbauer Meninggal Dunia, Dunia Sepak Bola Berduka

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 08:33 WIB
der-kaiser-franz-beckenbauer-meninggal-dunia-dunia-sepak-bola-berduka
Kapten Timnas Jerman Barat Franz Beckenbauer mengangkat trofi Piala Dunia 1974 usai timnya mengalahkan Belanda 2-1 di Stadion Olimpiade Muenchen, Jerman Barat, 7 Juli 1974. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

BERLIN, KOMPAS.TV -- Legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer,  meninggal dunia pada usia 78 tahun. Meninggalnya sosok berjuluk Der Kaiser itu disampaikan pihak keluarga dan dikonfirmasi Federasi Sepak bola Jerman (DFB).

"Dengan belasungkawa mendalam, kami sampaikan bahwa suami dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu (7/1/2024)," demikian pernyataan kekuarga Beckenbauer dikutip Associated Press.

Kabar kematian Beckenbauer pun disambut dengan ungkapan dukacita dari berbagai pihak. DFB, Bayern Muenchen serta klub Jerman, juga ikon-ikon sepak bola Jerman menyampaikan belasungkawa.

Baca Juga: Alasan Duel Timnas Indonesia vs Iran Digelar Tertutup dan Tidak Ditayangkan TV

Presiden UEFA, federasi sepak bola negara Eropa, serta klub-klub papan atas Eropa seperti Liverpool FC dan FC Barcelona turut menyampaikan belasungkawa.

"Salah satu pemain terbesar dalam sejarah FC Bayern telah meninggalkan kita. Beristirahatlah dengan damai, Kaisar Franz. Kami tidak akan melupakanmu dan apa yang kamu persembahkan untuk sepak bola Jerman," kata pemain Timnas Jerman, Thomas Mueller.

Beckenbauer dikenal sebagai salah satu pemain paling legendaris di dunia sepak bola. Der Kaiser sukses meraih trofi Piala Dunia 1974 sebagai pemain dan Piala Dunia 1990 sebagai pelatih bersama Jerman Barat.


Pria yang lahir pada 11 September 1945 ini menandatangani kontrak profesional bersama Bayern Muenchen sejak usia 18 tahun. Ia kemudian menjadi kapten Die Roten dan memimpin klub tersebut meraih tiga titel Piala Eropa (kini Liga Champions) secara beruntun pada 1974-1976.

Semasa bermain, Beckenbauer dikenal sebagai "libero," pemain belakang yang diberikan keleluasaan bergerak ke depan dan menjadi ancaman langsung untuk gawang lawan. Peran yang lekat dengan Beckenbauer tersebut sudah tidak terlihat dalam sepak bola modern.

Baca Juga: Jelang Piala Asia 2023, Justin Hubner: Kami Ada di Grup yang Sulit, tapi Kami Tim yang Kuat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x