Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Final Piala Dunia Antar Klub 2023, Ini Daftar Juara Satu Dekade Terakhir

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 20:00 WIB
jelang-final-piala-dunia-antar-klub-2023-ini-daftar-juara-satu-dekade-terakhir
Pemain Manchester City, Jack Grealish (kanan), merayakan gol yang dicetaknya bersama rekan setimnya, Phil Foden, dalam laga Liga Inggris antara Manchester City dan Crystal Palace di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu, 16 Desember 2023. (Sumber: AP Photo/Dave Thompson)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Piala Dunia Antar Klub 2023 akan melahirkan juara baru. Final edisi tahun ini akan mempertemukan Manchester City vs Fluminense di Stadoin Kinng Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (23/12/2023) dini hari tadi WIB. 

Sebelumnya, City menyegel satu tempat di babak final usai menekuk Urawa Reds Diamonds dengan skor telak 3-0. Sedangkan Fluminense menang 2-0 atas Al Ahly. 

Duel ini diprediksi akan berjalan sengit sejak awal laga. Kedua tim memiliki gaya bermain yang identik, penguasaan bola dengan variasi-variasi umpan pendek cepat, serta pressing yang tinggi. 

Pep Guardiola selaku pelatih Man City mengaku sudah menganalisis permainan Fluminense arahan Fernando Diniz. 

Guardiola mengungkapkan Fluminense memainkan gaya sepak bola khas Brasil era 1970-an yang atraktif. 

"Kami mencoba bertahan beberapa jam setelah pertandingan [terakhir kami] untuk melihat permainan Fluminense selama mungkin, melihat kualitas yang mereka miliki," kata Guardiola, Kamis (21/12) dikutip dari Sportstar.

"Mereka punya lima, enam, atau tujuh pemain berusia lebih dari 30 tahun sehingga itu berarti mereka bisa mengendalikan emosi mereka dengan sempurna."

Baca Juga: Link Live Streaming Alaves Vs Real Madrid Dini Hari Nanti, Kick Off 03.30 WIB

"Mereka memainkan gaya khas Brasil dari tahun 1970an, 1980an, dan 1990an. Banyak umpan-umpan pendek, kombinasi yang sangat bagus, namun juga menuntut fisik. Kami harus menyadari seberapa sering mereka mengejar bola, dan tangguh." 

"Cara mereka bermain menuntut banyak usaha [dari kami]. Cara mereka bermain belum pernah kami hadapi sebelumnya. Mereka banyak bergerak dari sisi ke sisi, jadi kami harus menjaga ritme dan penguasaan bola kami sendiri selama mungkin," sambungnya. 

Namun, di atas kertas Man City memang lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: Vigit Waluyo Pelaku Match Fixing Kini Ditahan, Polisi: Keuntungan Rp100 Juta Satu Kali Pertandingan

Rekor sejarah juga memihak tim-tim Eropa. Selama satu dekade terakhir, Piala Dunia Antar Klub selalu dimenangkan oleh wakil Eropa. 

Kali terakhir wakil dari benua lain Eropa mampu menjadi juara Piala Duina Antar Klub adalah pada 2012, usai Corinthians (Brasil) membekuk Chelsea pada partai final. 

Untuk selengkapnya, berikut daftar juara Piala Dunia Antar Klub selama satu dekade terakhir. 

Daftar Juara Piala Dunia Antar Klub Satu Dekade Terakhir

Klub Tahun
Real Madrid 2022
Chelsea 2021
Bayern Muenchen 2020
Liverpool 2019
Real Madrid 2018
Real Madrid 2017
Real Madrid 2016
Barcelona 2015
Real Madrid 2014
Bayern Muenchen 2013


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x