Kompas TV olahraga sports

Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Targetkan 19 Emas di APG 2023 Hangzhou China

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 19:31 WIB
komite-paralimpiade-nasional-indonesia-targetkan-19-emas-di-apg-2023-hangzhou-china
Wakil Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto (kanan) saat memberikan keterangan di Solo, Jateng. (Sumber: ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV - Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia telah mengamanatkan dirinya untuk meraih 19 medali emas dalam Asian Para Games (APG) 2023.

APG merupakan sebuah event multi-olahraga yang akan diselenggarakan di Hangzhou, China, dari tanggal 16 hingga 29 Oktober nanti.

Wakil Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan, awalnya NPC Indonesia menargetkan sebanyak 20 emas, tetapi kemudian ada revisi menjadi 19 emas. 

Hal ini dikarenakan pada cabang olahraga para catur sebelumnya menargetkan 6 medali emas, tetapi kemudian direvisi menjadi 5 emas sehingga total dari 12 cabang olahraga yang diikuti Indonesia targetnya menjadi 19 emas.

"Kami awalnya targetkan di APG Hangzhou China, sebanyak 20 medali emas tetapi setelah ada revisi menjadi 19 emas," katanya di Solo, Senin (9/10).

Baca Juga: Asian Games 2022 Hangzhou Resmi Berakhir, KOI: Evaluasi untuk Olimpiade 2024

Rima menjelaskan, target medali secara keseluruhan dari 12 cabang olahraga yang diikuti NPC Indonesia di APG Hangzhou China.

Antara lain Para Atletik ditargetkan bisa merebut empat emas, lima perak, empat perunggu, Para Badminton (4-4-4), Para Tenis Meja (0-0-2), Para Renang (1-2-2), Para Angkat Berat (0-1-1), Para Cycling (2-2-2), Para menembak (0-2-2).

Kemudian, cabang olahraga lainnya dengan target medali yakni Para Panahan (0-1-1), Boccia (0-0-1), Bling Judo (0-0-2), Para Catur (5-3-2), dan Lawn Bawls (3-3-2).

"NPC Indonesia mengikuti 12 cabang olahraga mudah-mudahan bisa mencapai rangking 10 besar, awalnya 20 medali emas tetapi ada revisi target menjadi 19 emas pada APG Hangzhou China," kata Rima.

Dia mengatakan, NPC Indonesia cabang olahraga Badminton, Lawn Bawls, Cycling, dan catur diharapkan masih menjadi lumbung medali bagi negaranya, di Asian Para Games China.

Sebagai informasi, kontingen Indonesia akan mengirimkan 130 atlet kalau cabang olahraga tenis meja dan yang lainnya dengan adanya tuan rumah China sangat berat. 

Atlet Indonesia berhadapan dengan juara dunia, sehingga mayoritas medali akan direbut oleh China sebagai tuan rumah.

"Kini tinggal negara-negara lain di Asia harus bisa memanfaatkan atau menspesialisasi. Jadi Indonesia harus bisa memaksimalkan spesialisasi untuk bisa mendapatkan emas di China," katanya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Menuju Asian Para Games 2023, Atlet NPC Indonesia Siap Sumbang Emas



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x