Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Surati AFC, Tanya Kepastian Sanksi 2 Pemain Timnas Indonesia U23

Kompas.tv - 30 Agustus 2023, 20:35 WIB
pssi-surati-afc-tanya-kepastian-sanksi-2-pemain-timnas-indonesia-u23
Ekspresi Komang Teguh Trisnanda seusai mencetak gol dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas U22 Indonesia Vs Vietnam. Laga timnas U22 Indonesia vs Vietnam digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, pada Sabtu (13/5/2023) sore WIB. Terkini, Komang Teguh masuk timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk berlaga di Kualifikasi Piala Asia U23 2024. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga memastikan pihaknya telah menyurati AFC untuk menanyakan kepastian sanksi dari dua pemain Timnas Indonesia U23, Komang Teguh dan Taufany Muslihudin. 

Nama Komang Teguh dan Muhammad Taufany tertera dalam skuad timnas Indonesia yang dipersiapkan menuju Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Untuk diketahui, Komang dan Taufany merupakan dua pemain yang masih terlilit sanksi bermain, buntut kericuhan di babak final SEA Games 2023 kontra Thailand pada Mei silam. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Optimis soal Kans Timnas U23 Indonesia Lolos ke Piala Asia U23 2024

Komang disanksi larangan enam pertandingan bersama timnas dan denda uang sekitar Rp15 juta.

Taufany juga mendapat sanksi larangan tampil sebanyak enam laga di level timnas. 

Keputusan manajemen Timnas Indonesia U23 untuk memanggil kedua pemain tersebut menimbulkan pertanyaan. 

Arya Sinulingga selaku Exco PSSI mencoba memberikan penjelasan.

Ia mengaku pihaknya telah mengirim surat kepada AFC terkait kepastian apakah Komang dan Taufany dapat bermain di Kualifikasi Piala Asia U23 2024. 

“Pemain-pemain yang telah dipanggil pelatih Shin Tae-yong kali ini sudah dimasukkan ke BTN (Badan Tim Nasional). Usulan dari pelatih ini akan diajukan, ditanya ke AFC, karena ada dua pemain yang kemarin juga dihukum oleh AFF enggak boleh main karena SEA Games itu,” kata Arya Sinulingga, Selasa (29/8) dikutip dari laporan Kompas.com. 

Baca Juga: Jadwal Padat di Bulan September, Shin Tae-yong Bagi Rata Kekuatan Timnas Indonesia

“Sehingga untuk lebih jelas kami sudah meminta bagian internasional membuat surat ke AFC, memastikan bahwa mereka, apakah boleh bermain atau tidak boleh bermain," tuturnya.

“Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini sudah ada informasi dan pemberitahuan dari AFC, apakah kedua pemain yang dipanggil oleh STY ini bisa dimainkan dalam pertandingan timnas yang memang masuk dalam agenda FIFA,” ujarnya.

Terlepas dari itu, Timnas U23 Indonesia akan mulai menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U23 2023 pada 4 September mendatang. 

Kualifikasi Piala Asia U23 2024 akan digelar pada 6-12 September.

Indonesia tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Seluruh laga Grup K akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x