Kompas TV olahraga sepak bola

Dipecat Persebaya, Aji Santoso: Ini Tanggung Jawab Saya

Kompas.tv - 5 Agustus 2023, 05:05 WIB
dipecat-persebaya-aji-santoso-ini-tanggung-jawab-saya
Persebaya Surabaya resmi memecat pelatih Aji Santoso usai kekalahan 1-2 dari Persikabo 1973 pada Jumat (4/8/2023). (Sumber: Persebaya.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Persebaya Surabaya resmi memecat pelatih kepala Aji Santoso pada Jumat (4/8/2023).

Kekalahan Persebaya 1-2 dari Persikabo 1973 di lanjutan laga Liga 1 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo menjadi laga terakhir Aji bersama Bajul Ijo.

Manajemen Persebaya memutuskan untuk mengistirahatkan mantan pelatih Timans U23 Indonesia itu. 

Selanjutnya, Uston Nawawi ditunjuk untuk menjadi nakhoda sementara Ernando Ari dan kawan-kawan.

"Manajemen Persebaya memutuskan untuk mengistirahatkan head coach Aji Santoso, setelah kembali meraih hasil buruk di kandang, kalah 1-2 dari Persikabo 1973. Keputusan ini dibuat karena tim sudah tidak mungkin memenuhi target tujuh poin yang dicanangkan dalam tiga pertandingan," tulis pernyataan resmi klub.

"Manajemen menggunakan dua pertandingan ke depan, melawan Bhayangkara FC dan Persita Tangerang untuk menentukan opsi-opsi selanjutnya. Dalam dua pertandingan tersebut, tim akan dipimpin oleh Coach Uston Nawawi."

Setelah resmi dipecat Persebaya, Aji Santoso mengakui dirinya memang sudah bersiap dengan skenario terburuk.

Baca Juga: Jelang Lawan Persikabo 1973, Aji Santoso Evaluasi Lini Pertahanan Persebaya

Apalagi dirinya gagal memenuhi target dari manajemen unruk meraih tujuh poin dari tiga pertandingan.

"Yang pertama saya sudah berbicara dengan manajer bahwa tiga pertandingan ini adalah 7 poin dan pasti tidak tercapai," kata pelatih berlisensi AFC Pro usai pertandingan dikutip dari Kompas.com.

"Ya saya kembalikan ke manajemen, apa pun yang menjadi keputusan manajemen akan kami terima dengan lapang dada biar cepat selesai."

"Ini tanggung jawab ada di saya, bukan di anak-anak, tidak perlu menyalahkan siapa-siapa," tegas Aji Santoso.

Persebaya mengalami tren negatif setelah kekalahan dari Persikabo 1973. Dalam enam pekan Liga 1 2023-2024, mereka hanya meraih satu kemenangan melawan Persis Solo (3-2).

Selain itu, mereka bermain imbang melawan Barito Putera (1-1) dan RANS Nusantara FC (2-2), serta kalah dari PSIS Semarang (0-2), Persija Jakarta (0-1), dan teranyar dari Persikabo 1973 (1-2). 

Selama periode itu, mereka hanya mencetak tujuh gol dan kemasukan 10 kali. Akibatnya, Persebaya berada di posisi 16 klasemen Liga 1 2023-2024 dengan perolehan lima poin, yang menjadikan mereka terdepak ke zona merah. 

Baca Juga: Hasil Liga 1: Persebaya Kalah 1-2 dari Persikabo, Dewa United Ditahan Imbang Persis Solo

             



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x