Kompas TV olahraga sepak bola

Rahmad Darmawan Ungkap Kunci Penampilan Ciamik Barito Putera Puncaki Klasemen Liga 1

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 08:04 WIB
rahmad-darmawan-ungkap-kunci-penampilan-ciamik-barito-putera-puncaki-klasemen-liga-1
Rahmad Darmawan, Pelatih Barito Putera (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky Ade Saputro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PS Barito Putera tampil cukup mengejutkan di awal musim ini. Mereka sukses memetik tujuh poin dari tiga laga awal kompetisi BRI Liga 1 2023/24 dan belum sekalipun tersentuh kekalahan.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan mengungkapkan performa impresif timnya di awal musim tak terlepas dari improvisasi permainan yang dilakukan.

Dia melakukan improvisasi di sektor sayap sebagai alternatif strategi untuk menyerang lini pertahanan lawan dan hal tersebut terbukti ampuh di tiga laga terakhir yang dilalui Barito Putera.

Baca Juga: Pelatih Bhayangkara FC Akui Performa Kiper Persija Jakarta: kalau Dia Tidak Bagus, Skor akan Imbang

Tak hanya menginginkan aktif dalam membantu lini serang, pelatih berusia 56 tahun itu juga meminta pemain sayap tim berjuluk Laskar Antasari juga ikut menjaga keseimbangan tim dengan turun bertahan saat mendapat serangan balik dari lawan.

Ketika keduanya naik, ia meminta pemain belakang timnya untuk masuk mengisi pos yang ditinggal Murilo Mendes dan Rizky Pora.

Pola permainan tersebut membuat sektor sayap Barito Putera begitu dinamis dalam menyerang maupun membantu pertahanan.

“Memang saya mengingatkan pemain untuk saling mengisi di sayap kanan dan kiri ketika Murilo (Mendes) dan Rizky Pora tahan di samping. Maka saya persilakan bek boleh improvisasi masuk ke dalam,” kata pelatih yang akrab disapa RD itu Senin (17/7/2023).

Beginilah resep yang diberikan Rahmad Darmawan kepada pemain ketika sudah di lapangan.

Baca Juga: Persija Bantai Bhayangkara FC, Thomas Doll: Saya Senang Lihat Cara Bermain Tim

“Kalau Rizky Pora dan Murilo di tengah tentu bek ada kesempatan overlap lewat samping. Alhamdulillah momentumnya bagus sekali ketika lawan menutup dari samping,” ucapnya.

Rahmad Darmawan menyebut improvisasi permainan yang berhasil diterapkan di PS Barito Putera tak lepas dari proses yang terus diasah baik di sesi latihan maupun saat pertandingan.

“Kerja keras dilakukan semua pemain. Improvisasi memang dilakukan saat proses latihan dan beberapa kali pertandingan,” ujarnya.

Mengakhiri pekan ke-3, Barito Putera berada di posisi puncak klasemen sementara dengan perolehan 7 poin bersaing dengan Dewa United FC.

Barito Putera telah memenangkan 2 kali pertandingan dan 1 hasil seri. Pada pekan pertama berhasil menaklukkan Persita Tangerang,minggu (2/7) dengan skor 2-0. Lalu mencuri 1 poin di kandang Persebaya Surabaya,sabtu (8/7). Pekan ke-3 berhasil mengamankan tiga poin dikandang Barito dengan mengalahkan Super Elang Jawa,PSS Sleman dengan skor 3-1, Jumat (14/7/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x