Kompas TV olahraga sepak bola

Jepang dan Uzbekistan Melaju ke Final, Indonesia Berebut Satu Tiket Olimpiade Paris Kontra Irak

Kompas.tv - 30 April 2024, 07:00 WIB
jepang-dan-uzbekistan-melaju-ke-final-indonesia-berebut-satu-tiket-olimpiade-paris-kontra-irak
Suporter Timnas Indonesia dalam laga grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Gelaran Piala Asia U23 2024 telah memasuki babak puncak setelah meloloskan dua kontestan ke partai final, yakni Jepang dan Uzbekistan.

Sementara itu, Timnas U23 Indonesia masih memiliki peluang untuk meraih satu tiket langsung lainnya ke Olimpiade Paris 2024 melalui laga perebutan tempat ketiga melawan Irak.

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 Kalah di Semifinal Piala Asia U23 2024, Diwarnai Gol Dianulir dan Kartu Merah

Jepang menjadi finalis pertama setelah mengalahkan Irak dengan skor 2-0 pada laga semifinal yang berlangsung pada Selasa (30/4/2024). Dua gol kemenangan Samurai Biru dicetak oleh Mao Hosoya dan Ryotaro Araki di babak pertama.

Sebelumnya, Uzbekistan memastikan tiket final usai mengalahkan Indonesia juga dengan skor 2-0. Dua gol tanpa balas kemenangan Uzbekistan dicetak oleh Khusain Norchaev (68') dan gol bunuh diri Pratama Arhan (86').

Baca Juga: Hasil Babak I: Terus Ditekan, Timnas Indonesia Tahan Imbang Uzbekistan tanpa Gol

Dengan hasil ini, Jepang dan Uzbekistan akan saling bentrok dalam laga puncak Piala Asia U23 2024 yang akan digelar pada Jumat (3/5) mendatang.

Sementara Indonesia akan bertemu Irak dalam perebutan tempat ketiga yang dijadwalkan berlangsung sehari sebelumnya, Kamis (2/5).

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan: Ramadhan Sananta Gantikan Rafael Struick

Laga perebutan tempat ketiga ini menjadi pertaruhan besar bagi Garuda Muda. Kemenangan atas Irak akan membuka pintu bagi Timnas Indonesia untuk mendapatkan tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Namun, kekalahan bukan berarti mengubur impian sepenuhnya, karena mereka masih memiliki peluang tersisa lainnya melalui laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan: Ambisi Shin Tae-Yong tanpa Kekalahan

Kekalahan Timnas U23 Indonesia dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U23 2024 pada Senin (29/4) malam lalu tidak menyurutkan optimisme pihak Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan peluang Garuda Muda untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission kontingen Indonesia Anindya Bakrie masih sangat optimistis tim asuhan Shin Tae-yong itu bisa meraih tiket Olimpiade melalui dua jalur tersisa.

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan: Shin Tae-Yong Bakal Beri Kejutan Formasi

"Ini saat yang paling tepat memberikan dukungan yang maksimal kembali kepada Garuda Muda. Masih ada dua kesempatan, dan insyallah pertandingan selanjutnya menang dan lolos Olimpiade," ujar Okto dikutip dari Antara.

Jalur yang dimaksud Okto adalah laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 melawan Irak pada Kamis (2/5) mendatang.

Jika memenangi laga ini, Garuda Muda akan otomatis mendapat tiket Olimpiade. Namun jika kalah, mereka masih punya satu peluang lagi lewat laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei.


 




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x